Angkasa Pura 2

Menhub Budi Karya Tawarkan Program Pendidikan Gratis ke Masyarakat

SDMMinggu, 24 September 2017
Menhub Jateng3

PEMALANG (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengundang seluruh komponen di masyarakat untuk mengikuti pendidikan gratis di sekolah-sekolah di bawah BPSDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan.

Dalam rangka pengabdian masyarakat sekaligus menyiapkan SDM transportasi yang unggul, Kementerian Perhubungan (Kemhub) melalui sekolah-sekolah transportasi sudah menyelenggarakan berbagai jenis diklat transportasi yang diberikan gratis ke masyarakat.

“Kementerian Perhubungan miliki Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ). Di Semarang ada Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Ini ada kesempatan untuk sekolah. Bagi (warga) yang pinter-pinter dari Pemalang dan sekitarnya kita berikan kesempatan sekolah disana,” jelas Menhub Budi Karya pada Dialog Nasional “Sukses Indonesiaku” di Wanawisata Bale Gandrung di Pemalang, Jateng, bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Sabtu (23/9/2017).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menhub Budi Karya didampingi Kepala BPSDMP Djoko Sasono dan para Kepala UPT pendidikan seperti Ketua STPI Curug Capt. Novyanto Widadi, SAP, MM, Direktur PIP Semarang Capt. Marihot Simanjuntak, MM, Direktur PKTJ Yudi Karyanto, ATD, M.Sc, Direktur API Madiun Dedy Cahyadi, ATD, M.Sc, Puket I STTD Bekasi Asrizal dan lainnya.

Seperti diketahui, sekolah-sekolah dibawah BPSDMP di seluruh Indonesia sudah menggelar diklat pemberdayaan masyarakat sesuai matra dan kompetensinya. Diklat tersebut diberikan gratis ke masyarakat.

Menhub Dialog nas3

Diklat di Kalangan Pesantren

Yang terbaru adalah, diklat pemberdayaan masyarakat khususnya bagi kalangan pondok pesantren (PP). Sekolah seperti STPI Curug, telah menjalin kerja sama dengan beberapa pesantren di Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk menggelar diklat personel penerbangan bagi kalangan pesantren.

Sebelumnya, STPI Curug telah bekerja sama dengan operator Bandara Adi Sutjipto Yogayakarta, Bandara Wiriadinata Tasikmalaya dan lainnya untuk merekut siswa dan menggelar diklat calon personel penerbangan yang andal di masa depan.

Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi yang dihubungi Beritatrans.com mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali menggelar diklat dengan peserta dari kalangan pesantren terutama di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Diklat tersebut diharapkan bisa mendidik dan menyiapkan mereka menjadi personel penerbangan yang andal. Mereka bisa bekerja sebagai operator bandara dan sektor pendukung lainnya,” tegas Capt. Novy.(helmi)