Angkasa Pura 2

Dirjen Agus Ingatkan Insan Penerbangan Agar Patuhi SOP

Bandara KokpitSenin, 25 September 2017
IMG-20170925-WA0062

JAKARTA (Beritatrans.com) – Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan insan penerbangan agar senantiasa mematuhi standar operasi prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Dia juga meminta peningkatan kewaspadaan terutama bagi mereka yang terbang di wilayah udara sekitar Bali, karena keamanan dan keselamatan mutlak diutamakan dalam aviasi.

“Seiring peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Agung dari level III (siaga) menjadi level IV (awas) sejak hari Jumat (22/9/2017),” jelas Agus di Jakarta, Senin (25/9/2017).

Debu letusan gunung berapi ditambahkannya, sangat berbahaya bagi pesawat udara. Menurut penelitian, debu tersebut bisa merusak fungsi baling-baling pesawat turboprop, serta mengganggu mesin jet pada pesawat turbofan maupun komponen vital lain.

Selain itu, debu letusan gunung berapi yang berjenis silika dan memiliki kontur tajam, juga bisa merusak kaca depan pesawat.

“Bila ditabrak dengan kecepatan tinggi, kumpulan debu itu mampu menyayat kaca depan kokpit pesawat. Akibatnya, pandangan pilot jadi terbatas,” tutur dia.

Agus berharap semoga aktivitas vukanik Gunung Agung lekas mereda, sehingga tidak berdampak buruk bagi masyarakat sekitar dan penerbangan nasional. (omy)