Angkasa Pura 2

BIJB Akan Jadi Bandara Terbesar Kedua di Indonesia

BandaraRabu, 27 September 2017
BIJB-DRONE-20170331-f

JAKARTA (beritatrans.com) – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang terletak di daerah Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat bakal menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Bandara yang berada di lahan seluas 1,800 hektare ini digagas sejak tahun 2003, namun pembangunannya baru intensif dikerjakan sejak dua tahun lalu.

Pembangunan BIJB menggunakan skema kerjasama Pemerintah-Swasta (Public Private Partnership). Skema kerja sama ini baru yang pertama kali digunakan dalam pembangunan bandara di Indonesia. BIJB, BUMD bentukan pemerintah provinsi, juga mencari pendanaan dari investor swasta dan perbankan.

Sejauh ini Bandara Kertajati sudah mendapatkan pendanaan dari sindikasi bank syariah sebesar Rp906 miliar, peluncuran reksa dana penyertaan terbatas (RDPT), dan PT Angkasa Pura II sebagai calon operator serta investor pembangunan bandara ini.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, hingga 17 September 2017 ini pengerjaan proyek Bandara Kertajati sudah mencapai 60,8%. Pembangunan terminal penumpang penyelesaiannya telah mencapai 43% dan bangunan penunjang operasioanl bandara telah mencapai 89%.(aliy)

loading...