Angkasa Pura 2

Pembangunan Infrastruktur Transportasi Harus Sejalan Dengan Pengembangan Destinasi Wisata

Bandara Dermaga Destinasi Kokpit KoridorRabu, 27 September 2017
IMG-20170927-WA0011

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pameran Transportasi & Infrastruktur Indonesia 2017 yang dinisiasi mantan Dirjen Hubdat Suroyo Alimoeso  mengangkat tema aktual serta mancari solusi yang terbaik dengan  mempertemukan seluruh pemangku kepentingan yang ada.

Pameran ini mengundang dan mempertemukan para pemangku kepentingan sekaligus mencari solusi berbagai kendala transportasi khususnya dalam rangka menggairahkan industri pariwisata nasional.

“Pemerintah sudah cukup agresif membangun infrastruktur transportasi di Tanah Air. Tapi semua itu perlu dioptimalkan dan diintegrasikan dengan pengembangan destinasi wisata di Indonesia,”  kata Soeroyo.

Banyak hal yang masih perlu digarap. Terutama bagaimana membenahi infrastruktur ke objek wisata di Tanah Air. Pembangunan infrastruktur ke depan harus lebih baik dan menguntungkan semua pihak.

Kendala Transportasi

 ”Selain 10 destinasi  wisata unggulan pemerintah, masih banyak destinasi wisata  yang baik di  Indonesia. Tapi objek tersebut belum bisa  berkembang karena transportasi kesana belum ada,” jelas Suroyo.

Misalnya, dia menyontohkan. Pantai di kampung saya (Pacitan) bagus tak kalah dengan Bali atau objek wisata lainnya. Tapi sampai sekarang belum berkembang karena akses transportasinya sangat minim.

Kalau begitu, kilah Suroyo, bagaimana turis mau datang dan bisa membangun ekonomi dan kesejahteraan warga setemapat?

“Masalah seperti ini yang perlu digarap dan diselesaikan bersama. Pemerintah pusat dan daerah serta dunia usaha harus berjalan bersama. Bagaimana bisa mengatasi kendala transportasi itu dengan lebih baik, terintegrasi serta aman dan terjangkau harganya,” tandas Suroyo.(helmi)