Angkasa Pura 2

Penindakan Kelebihan Muatan di Jembatan Timbang Resmi Dimulai

KoridorSabtu, 30 September 2017
IMG-20170930-WA0042

IMG-20170930-WA0041

MAROS (BeritaTrans.com) – Penindakan terhadap pelanggaran kelebihan muatan di 26 mulai jembatan timbang atau unit penyelenggara penimbangan kendaraan bermotor (UPPKB) hari ini dimulai.

UPPKB Maccopa Maros, Sulawesi Selatan adalah salah satu yang dioperasikan untuk melakukan pengawasan terhadap kelebihan muatan dan dimensi.

“Hari ini kita sudah resmi memulai penindakan yang selama ini baru dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada pengemudi dan pemilik. Sejak kami lakukan dan pantau langsung dilapangan rata rata pelanggaran adalah lebih muatan (over loading), ada juga pelanggaran dimensi seperti tinggi dan jujur belakang (Rear Over hang/ROH). tadi saja ada sekitar 16 tilang dan rata rata over load, ada juga pelanggaran dimensi seperti kendaraan pengangkut mobil,” urai Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Benny Nurdin yang juga Mantan Ketua DPD IPKBI Sulselbar kepada BeritaTrans.com, Sabtu (30/9/2017).

Benny mengatakan, sampai saat ini pengusaha dan pengemudi rata rata melakukan pelanggaran, olehnya momen ini akan dijadikan sebagai langkah awal penyadaran.

IMG-20170930-WA0040

“Memang kami masih penindakan standar melalui surat tilang, tapi kedepan setelah mengidentifikasi permasalahan dari jenis pelanggaran, maka akan kami lakukan pembongkaran dan atau tidak melanjutkan perjalanan, bahkan sampai pada mengkandangkan kalau memang tingkat pelanggarannya sudah luar biasa,” paparnya.

Dia mencontohkan ditemukan truk 10 roda yang JBI nya hanya 21 ton setelah ditimbang rata rata 35 s/dan 42 ton. Ini tentu saja sudah menjadi kejadian luar biasa (KLB).

Pihaknya terus melakukan pembenahan khususnya perubahan paradigma internal di UPPKB Maccopa. Buktinya saat ini wajah jembatan Timbang Maccopa sudah jauh lebih asri ditambah penerangan yang baik.

“Saya berpesan, kalau sudah baik dan asri, jangan lagi dikotori dengan penyakit pungli,” tutur Benny didampingi Koordinator Jembatan Timbang Abdul Aziz. (omy)

loading...