Angkasa Pura 2

Prasetyadi: CFS Center Pelabuhan Tanjung Priok Di Launching Oktober Ini

DermagaTuesday, 3 October 2017

JAKARTA (BeritaTrans.com ) – Fasilitas Container Freight Station (CFS) Center di Pelabuhan Tanjung Priok sudah dalam tahap final check ( pengecekan terakhir) dan diharapkan dapat di launching bulan Oktober ini.

Direktur Operasi dan Sistem Informasi Pelindo II Prasetyadi kepada BeritaTrans.com, Senin (2/10/2017) mengatakan, Selasa (3/10/2017) dia melakukan pengecekan terakhir terhadap semua aspek terkait dengan proses bisnis CFS untuk memastikan saat di-launching nanti semuanya berjalan sesuai harapan.

Lahan untuk CFS meliputi lahan Cargo Distribution Center (CDC ) Banda minus Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) atau sekitar 37.000 m2 ditambah 14.437m2 lahan dan pergudangan eks Masaji Kargosentra Tama (MKT) dan 25.201 m2 lahan Agungraya Public Warehouse (APW).

“Perijinan Tempat Penimbunan Sementara (TPS) dari Bea Cukai sebagai persyaratan CFS Center dan persetujuan Otoritas Pelabuhan (OP) tidak ada masalah semuanya sudah selesai,” kata Prasetyadi.

Fasilitas tempat penyimpanan kargo impor berstatus Less Than Container Load (LCL) yang masih dalam pengawasan kepabeanan ini nantinya akan dikeloka Pelabuhan Cabang Tanjung Priok.

Sedangkan PT Multi Terminal Indonesia (MTI) sebagai pengelola Cargo Distribution Center (CDC) Banda serta lahan dan pergudangan eks Masaji Kargosentra Tama (MKT) termasuk PT Agungraya Public Warehouse (APW) sebagai operator.

Prasetyadi mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada asosiasi seperti ALFI, GINSI dan asosiasi terkait lainnya tentang pembangunan fasilitas CFS Center.

CFS Center ini tarifnya (tarif pergudangan) transparan karena menggunakan sistem online dan terkoneksi dengan Bea dan Cukai mau pun Terminal Petikemas.

Dia mengatakan Pelindo II hanya menyediakan fasilitas CFS Center soal apakah forwarding/pemilik barang mau memanfaatkan atau tidak silakan tentukan sendiri.

“Mau manfaatkan CFS Center Pelindo II silakan. Mau tetap.menggunakan TPS di luar Pelabuhan silakan,’ ujarnya. (wilam)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari