Angkasa Pura 2

Pembenahan Terminal Bus Tipe A Tetap Kedepankan Kearifan Lokal

KoridorRabu, 4 Oktober 2017
IMG_20171004_152001

SOLO (BeritaTrans.com) – Direktur Prasarana Transportasi Darat Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Jujun Endah Wahjuningrum menegaskan bahwa pembenahan terminal bus tipe A tetap mengedepankan kearifan lokal.

“Kita tetap melakukan pendekatan kearifan lokal, memahami kebiasaan perilakunya,” ujar Jujun di Solo, Rabu (4/10/2017).

Dalam melakukan perubahan, pihaknya juga memiliki cara agar tidak ada yang merasa tersinggung dan perlahan dapat mengubah kebiasaannya.

“Misalnya saja kursi tunggu, pada awalnya kami membuat bangku panjang biasa dengan sandaran tangan di kedua sisi pinggir bangku. Namun ternyata masih dimanfaatkan untuk tiduran, untuk itu kami membuat dengan beberapa sandaran tangan sehingga otomatis tidak lagi bisa digunakan untuk tiduran,” paparnya.

Prasarana terminal lainnya, kata dia juga akan dibenahi dengan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan konsisten dalam menjalankan kebijakan-kebijakan dalam pengelolaan terminal.

“In sya Allah mulai dari toilet hingga ruang tunggu terminal akan terpelihara,” katanya.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menambahkan, tidak ada yang tidak bisa bila ditujukan untuk peningkatan pelayanan.

“Saya mengikuti perubahan pada pembenahan stasiun, walau banyak tantangan terbukti bisa dan keberhasilan juga akan dapat diperoleh pada pembenahan terminal,” ungkapnya optimistis.(omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari