Angkasa Pura 2

Pelni Bikin Rumah Buatan Terumbu Karang di Kepulauan Seribu

DermagaKamis, 5 Oktober 2017
IMG_20171005_163149

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Pelni menggandeng Yayasan Terumbu Rupa membuat rumah buatan untuk terumbu karang di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Direktur Armada PT Pelni (Persero), Tukul Harsono, mengatakan bahwa pihaknya ingin memberikan kontribusi nyata dalam melindungi ekosistem yang ada di bawah laut.

“Kita ingin keindahan maritim dan bahari yang saat ini kita nikmati, dapat pula dinikmati langsung oleh generasi berikutnya,” kata Tukul Harsono di Jakarta, Kamis (5/10/2017).

Data Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengungkapkan hanya 6%–dari luas terumbu karang yang dimiliki Indonesia seluas 25.000 km2—yang kondisinya sangat baik. Sisanya adalah baik (23%), cukup (35%), dan jelek (35%).

PT Pelni (Persero) berharap dengan keberadaan rumah buatan bagi terumbu karang ini dapat berkontribusi positif bagi habitat laut di kawasan Pulau Sepa, selain menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang berkunjung ke wilayah tersebut.

“Setelah Pulau Sepa, kami berharap dapat melanjutkan semangat yang sama dalam melestarikan keindahan maritim dan bahari nasional ke wilayah lain. Sebagai perusahaan negara, Pelni harus menempatkan diri di barisan terdepan dalam menjaga kelestarian lingkungan negeri ini,” katanya. (aliy)