Angkasa Pura 2

KL Bung Tomo Milik Poltekpel Sukses Diluncurkan Dari Galangan PT Steadfast Marine Pontianak

Dermaga SDMMinggu, 8 Oktober 2017
KL03 Bung Tomo Poltekpel

KL03 Tamu2

SURABAYA (Beritatrans.com) – Launching Kapal Latih Special Purpose (KL03) Bung Tomo milik Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya sukses diluncurkan dari galagan kapal PT Steadfast Marine, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) Sabtu (7/10/20170.

Kapal Latih Bung Tomo akan digunakan untuk praktik laut (prala) taruna Poltekpel Surabaya sekaligus dioperasikan untuk melayani masyarakat di rute-rute perintis di Tanah Air.

Hadir pada peluncuran KL03 Bung Tomo tamu undangan dari BPSDM Perhubungan, Kepala UPT BPSDM Perhubugan terutama pihak-pihak terkait dari kampus Poltekpel Surabaya dan BP2IP Sorong, Papua Barat.

Kapal Latih Bung Tomo tersebut, nantinya akan dioperasikan untuk melayani rute perintis. Selain itu, disediakan space untuk sekitar 100 kadet latih, baik dari kampus Poltekpel dan kampus-kampus pelaut lain di Tanah Air.

KL Bung Tomo merupakan salah satu dari enam unit kapal latih yang dibangun BPSDM Perhubungan di galangan kapal PT Seadfast Marine Pontianak. Pembangunan enam kapal latih itu dibagi menjadi enam paket, masing-masing paket STIP Jakarta dan BP2IP Malahayati Aceh, Paket PIP Makassar dengan BPPP Minahasa Selatan serta paket Poltekpel dengan BP2IP Sorong.

Diserahkan Desember 2017

Direktur Poltekpel Surabaya Capt. Heru Susanto, MM yang dihubungi Beritatrans.com Minggu (8/10/2017) mengatakan, Sabtu (7/10/2017) kemarin KL Bung Tomo sudah sukses diluncurkan dari galangan kapal kering ke galangan basah.

“Selanjutnya kapal akan disempurnakan dan dilengkapi dengan fasilitas dan kelengkapan sebagai kapal latih profesional dan bisa dioperasikan untuk kapal penumpang di rute perintis,” katanya Capt. Heru.

KL Bung Tomo, diperkirakan selesai total dan diserahkan dan dikirim ke kampus Poltekpel Surabaya sekitar Desember 2017 mendatang. Sesuai kontrak kerja pembangunan kapal tersebut harus selesai dibangun dalam 26 bulan dan sudah diserahan ke kampus pemesan.

Capt. Heru menambahkan, pihak Poltekpel Surabaya kini tengah mempersiapkan fasilitas dan SDM yang akan mengoperasikan KL Bung Tomo tersebut. “Saat KL Bung Tomo sudah selesai dibangun dan dikirm ke Poltekpel Surabaya bisa langsung dioperasikan baik untuk taruna prala atau masyarakat Indonesia di daerah terpencil di Indonesia,” papar alumni AIP Angkatan XXXVII itu.

Dengan begitu, Poltekpel Surabaya dan KL Bung Tomo bisa ikut berkontribusi untuk menyukseskan program Tol Laut Pemerintahan Jokowi. “KL Bung Tomo mampu melayani masyarakat di daerah terpencil. Selain itu juga memfasilitasi kadet praktik laut di kapal tersebut,” tegas Capt. Heru Susanto.(helmi)