Angkasa Pura 2

Pentingnya Keselamatan Transportasi Melalui Penutupan Perlintasan Sebidang

EmplasemenMinggu, 8 Oktober 2017
IMG-20171007-WA0023

IMG-20171007-WA0020

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Peningkatan infastruktur jalan dan transportasi harus berbanding lurus dengan peningkatan keselamatan berkendara.

Salah satunya terkait dengan perlintasan sebidang pada kereta api (KA) yang sejak awal tahun makin digencarkan untuk dilakukan penutupan demi keselamatan bertransportasi.

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Cris Kuntadi menyoroti perlintasan sebidang yang masih belum ditutup dan masuk dalam rencana penutupan.

“Melalui penutupan perlintasan sebidang, sekaligus kita mengedukasi kepada masyarakat pengendara bahwa keselamatan tak bisa ditawar,” tutur Cris kepada BeritaTrans.com, Ahad (8/10/2017).

Seperti yang sempat terjadi pada penutupan pintu perlintasan sebidang di dekat Roxi mas. Pintu ditutup lantaran telah beberapa tahun dibangun jembatan layang.

Sempat terjadi penolakan warga dan sebagian pengguna jalan, namun lantaran sosialisasi dan pendekatan terus dilakukan, maka pada akhirnya penutupan tetap diterapkan.

“Tarik ulur dan Ditjen Perkeretaapian didukung pihak kepolisian untuk menertibkan, alhamdulillah penutupan perlintasan sebidang terlaksana pada akhir pekan ini,” ujar Cris.

Dari Ditjen Perkeretaapian, penutupan perlintasan sebidang dipimpin Direktur Keselamatan Perkeretaapian Edi Nursalam bekerjaama dengan PT Kereta Api Indonesia, PT KAI Commuter Indonesia, TNI, Dishub DKI hingga pihak Pemda setempat. (omy)