Angkasa Pura 2

Diklat Pandu Angkatan I Resmi Dilaksanakan

Dermaga SDMSenin, 9 Oktober 2017
IMG-20171009-WA0017

IMG-20171009-WA0013

BOGOR (BeritaTrans.com) – Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan profesionalisme tenaga pandu serta menenuhi kebutuhan tenaga pandu yang memiliki sertifikat pandu tingkat I, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyelenggarakan Diklat Pandu Tingkat I Angkatan I tahun 2017.

Direktur Kepelabuhanan Chandra Irawan mengatakan dalam sambutan yang dibacakan Kasubdit Pemanduan Capt. Hermanta, sesuai dengan peraturan International Maritime Organization (IMO) A. 960 dan Amanat Peraturan Menteri Perhubungan Nomor. PM. 57 Tahun 2015 tentang Pemanduan dan Penundaan Kapal, Pemerintah Indonesia selaku Competent Pilotage Authority diwajibkan untuk menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Pandu guna memenuhi tingkat kecukupan Tenaga Pandu yang kompeten dan profesioanal serta menjunjung tinggi martabat bangsa dan negara.

“Diklat Pandu Tingkat I merupakan peningkatan dari Diklat Pandu Tingkat II, sebelumnya para pesertanya telah melaksanakan pemanduan terhadap kapal dengan ukuran panjang (Length Over All/LOA) kurang dari 200 meter. Dan nantinya jika para peserta ini telah lulus Diklat Pandu Tingkat I maka Tenaga Pandu ini akan melakukan pemanduan terhadap kapal dengan ukuran panjang tidak terbatas (unlimited) tetapi tidak dapat melaksanakan pemanduan laut dalam”, ujar Hermanta.

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan, kegiatan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal di Indonesia diselenggarakan oleh Kantor Otoritas Pelabuhan (OP), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), atau Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP).

IMG-20171009-WA0009

“Namun bila Kantor OP, KSOP, atau UPP belum menyediakan jasa pemanduan dan penundaan kapal di perairan pandu yang berada di alur pelayaran dan wilayah perairan pelabuhan, maka pelaksanaannya dapat dilimpahkan kepada Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yang memenuhi persyaratan setelah memeroleh izin dari Menteri Perhubungan,” tuturnya.

Kepada para peserta Diklat Pandu Tingkat I sebanyak 57 orang, diharapkan dapat menggunakan kesempatan diklat ini dengan sebaik baiknya dan mempertahankan tingkat disiplin yang tinggi. (omy)

Foto-foto: Indi Astono (Humas Ditjen Hubla)

loading...