Angkasa Pura 2

Kemhub Gelar Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan Nasional 2017

Koridor SDMSenin, 9 Oktober 2017
IMG-20171009-WA0061

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2017 digelar sebagai program Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dalam proses penanaman budaya tertib berlalu lintas dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi jalan.

Menurut Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hindro Surahmat, pelaksanaan ini memiliki arti penting dalam upaya meningkatkan keselamatan dan menanamkan kesadaran berlalu lintas khususnya di kalangan generasi penerus bangsa dan masyarakat pada umumnya.

“Ada enam tujuan dilaksanakannya kegiatan pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2017,” tuturnya di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Pertama adalah untuk meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas dan mengurangi resiko akibat kesalahan berperilaku tidak tertib di jalan.

Kedua, memberikan penghargaan atas prestasi tertib berlalulintas dan kepedulian yang tinggi terhadap upaya menjaga keselamatan di jalan. Ketiga, membangun kesadaran generasi muda untuk berperilaku tertib berlalu lintas.

“Selanjutnya atau keempat, adalah membangun budaya tertib berlalulintas sejak dini berdasar kesadaran pribadi dan tanggung jawab moral untuk meningkatkan keselamatan dan enyebarluaskan informasi kekalangan generasi muda melalui lingkungan sekitarnya,” urainya.

Dengan tujuan tersebut, para pelajar diharapkan dapat memberikan rasa kebersamaan dan kesetiakawanan antarpeserta lainnya serta memberikan suri tauladan bagi rekan-rekan di sekolahnya sesuai dengan predikat yang disandangnya.

Seleksi yang dilaksanakan pada 8 hingga 12 Oktober 2017 ini diikuti oleh 62 orang pelajar yang merupakan perwakilan dari 25 provinsi di Indonesia dan mengangkat tema #Sayangi Nyawa #Kurangi Kecepatan. (omy)

loading...