Angkasa Pura 2

Kasus OTT Dirjen Hubla, KPK Cegah Oscar Budiono & Aloys Sutarto ke Luar Negeri

Dermaga KPKSelasa, 10 Oktober 2017
3993119981

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 31 Agustus 2017 telah meminta Direktorat Jenderal Imigrasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia guna mencegah dua orang bepergian ke luar negeri.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (10/20/2017), mengemukakan pencegahan untuk kebutuhan penyidikan terhadap tersangka lainnya, dalam kasus Antonius Tonny Budiono yang menjabat Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan saat ditangkap KPK.

Dua orang yang dicegah keluar negeri itu merupakan karyawan swasta, yakni Aloys Sutarto dan Oscar Budiono.

Dari dua nama itu, BeritaTrans.com melihat ada seorang memiliki nama belakang sama dengan Dirjen Hubla, yang terkena OTT KPK. Tonny Budiono dan Oscar Budiono.

Apakah Tonny dan Oscar memiliki hubungan saudara? Sejumlah sumber di Kementerian Perhubungan mengungkapkan Tonny Budiono memang memiliki adik bernama Oscar.

Hanya saja apakah nama Oscar Budiono, yang dimaksud KPK adalah adik kandung Tonny Budiono atau bukan, masih butuh konfirmasi lanjutan. Bisa jadi, Oscar Budiono tersebut adalah nama orang lain.

5 SAKSI
Febri juga mengutarakan KPK akan memeriksa lima saksi dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi suap terkait perizinan dan pengadaan proyek-proyek di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2016-2017.

“Lima saksi itu akan diperiksa untuk tersangka Adiputra Kurniawan,” ungkapnya.

Lima saksi yang akan diperiksa adalah Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Marwansyah, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Pulang Pisau Otto Patriawan, Direktur PT Bina Muda Adhi Swakarsa Pekalongan Iwan Setiono, Kepala Cabang PT Bank Mandiri KCP Pekalongan Alun-Alun Sri Utami Nunik Chairita, dan Kepala Cabang PT Bank Mandiri KCP Jakarta Graha Rekso Lukmanul Hakim. (dien).