Angkasa Pura 2

Tiga Bandara Jadi Pilot Project Penerapan Jembatan Udara

Bandara KokpitSelasa, 10 Oktober 2017
IMG20171010093106

JAKARTA (BeriaTrans.com) – Tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan menjadikan tiga bandara sebagai pilot project hub jembatan udara.

“Ketiga bandara itu yakni Timika, Wamena dan Dekai,” tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Terdapat 12 rute angkutan udara perintis kargo tahun ini yang diharapkan dapat mendukung penurunan harga komoditas seperti sembako di daerah pedalaman. Rute tersebut antara lain dari Timika menuju Beoga, Ilaga, Kenyam dan Sinak. Dari Wamena menuju Mugi, Mapendumas, Enggolok, dan Mamit, dan dari Dekai menuju Silimo, Korupun, Anggruk dan Ubahak.

Sedangkan untuk subsidi Angkutan Udara Kargo adalah Timika, dimana untuk tahap awal akan diselenggarakan satu rute penerbangan Timika-Wamena menggunakan pesawat Boeing 737 Freighter.

Anggaran yang ada telah tersedia untuk program jembatan udara dan sedang digunakan dalam proses pelelangan untuk pelaksanaan angkutan udara perintis kargo maupun subsidi angkutan udara kargo.

“Saat ini anggaran jembatan udara sudah dianggarkan dan dalam proses lelang”, tutur Menhub.

Menurut rencana tahun depan, rute jembatan udara di wilayah Papua akan ditambah menjadi 31. Kemhub juga akan menambah 10 ruteuntuk dioperasikan di Kalimantan dan Sulawesi.

“Kami ingin minimal sembilan bahan pokok ada di seluruh wilayah dan dapat diperoleh dengan mudah dengan dukungan jembatan udara,” tutupnya. (omy)