Angkasa Pura 2

Kemenko Maritim Bilang AMDAL dan Pembebasan Lahan Bandara Kulon Progo Belum Selesai

BandaraKamis, 12 Oktober 2017
IMG-20171012-WA0015

SEMARANG (beritatrans.com) – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) menyampaikan bahwa belum semua persoalan pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, selesai.

“Tadi tim kita meninjau ke sana, memang permasalahan belum sepenuhnya selesai, tapi itulah tugas kita,” kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastuktur Kemenko Maritim, Ridwan Djamaludin seusai memimpin Rapat Koordinasi Pengembangan Pelayaran Jalur Selatan Pulau Jawa bersama 7 perwakilan Kabupaten terkait di Semarang, Kamis (12/18/2017).

Ridwan mengatakan, pihaknya berusaha mencari tahu informasi di lapangan perihal masalah-masalah apa saja yang masih menghambat.

“Tadi AMDAL juga belum sepenuhnya selesai, dalam waktu dekat kita akan undang pihak terkait masalah AMDAL ini,” ujarnya.

Kemudian, mengenai persoalan pembebasan lahan yang juga belum sepenuhnya selesai, Ridwan menegaskan akan mengejar penuntasan pembebasan lahan itu hingga 100 persen.

“Pembebasan lahan kita kejar sepenuhnya hingga 100 persen, karena tak bisa kalau tidak 100 persen,” katanya.

Menurutunya Kemenko Maritim akan bantu PT Angkasa Pura I untuk menyelesaikan masalah pembebasan lahan.

Kemenko Maritim berharap, pembangunan NYIA tahap pertama selesai tahun 2019 dan sudah dapat dioperasikan.

“Dengan beroperasinya bandara NYIA dapat dipastikan akan mengurangi beban bandara Adi Sutjipto yg sudah over capacity,” kata Ridwan. (aliy)