Angkasa Pura 2

Ketua Mahpel: Perlu Peningkatan Kualitas Penyusunan BAPP Kecelakaan Kapal

DermagaKamis, 12 Oktober 2017
images (7)

MAKASSAR (BwritaTrans.com) – Ketua Mahkamah Pelayaran (Mahpel) Sugeng Wibowo mengemukakan Berita Acara Pemeriksaan Pendahuluan (BAPP) akan menjadi acuan utama dalam pemeriksaan lanjutan kecelakaan kapal secara tepat terhadap seluruh pihak yang terkait.

Dia mengemukakan diperlukan upaya peningkatan kualitas penyusunan BAPP kecelakaan kapal melalui sosialisasi bagi para KSOP, KUPP dan pihak terkait dalam penanganan kecelakaan kapal.

Sosialisasi dan bimbingan teknis pembuatan BAPP kecelakaan kapal tahun 2017, ini, kata dia, merupakan kegiatan lanjutan telah dilakukan di Semarang, Batam dan Bogor tahun lalu.

“Sosialisasi ini diharapkan menunjang keberhasilan pemeriksaan lanjutan kecelakaan kapal oleh Mahpel dan memberikan pemahaman kepada pihak yang terkait berkesesuaian dengan Instruksi Menteri Perhubungan nomor 5 tahun 2017 tentang Percepatan Pemeriksaan Kecelakaan Kapal,” ujarnya di Makassar, Sulawesi Selatan, kemarin.

Apabila terjadi kecelakaan, sebut dia, maka Syahbandar dan KSOP wajib melaporkan satu hari kepada pusat atas terjadinya kecelakaan, selanjutnya nahkoda wajib melaporkan ke syahbandar.

“Sesuai dengan IM nomor 5 tahun 2017, harus ada percepatan sebagai efesiansi dan juga laporan kepada publik. Dan dalam waktu tiga hari sudah harus dilaporkan ke Dirjen maupun ke Menteri serta Sekjen. Setelah lima hari kemudian, dilakukan pemeriksaan lanjutan,” ungkapnya. (ant).