Angkasa Pura 2

Nakhoda Dapat Mengambil Tindakan Terhadap Orang Yang Tidak Sah di Atas Kapal

Dermaga SDMKamis, 12 Oktober 2017
Nakhoda ambil tindakan

JAKARTA (Beritatrans.com) – Selama perjalanan kapal, Nakhoda atau captain kapal dapat mengambil tindakan terhadap setiap orang yang secara tidak sah berada di atas kapal.

Sebagai pemimpin tertinggi di kapal, tanggung jawab Nakhoda terhadap keamanan, keselamatan serta kenyamanan di kapal juga besar.

Layanan sosial tersewbut disampaikan melalui kaun @kemenhub151 dalam rangka antisupasi terhadap tindakanyang tak diinginkan diatas kapal sekaligus meningkatkan keselamatan pelayaran di Tanah Air.

Menurut Kemenhub151, sewluruh warga masyaraat terutama para penumpang kapal harus tertib dan taat pada aturan dan tidak membawa barang-barang yang membahayakan keselamatan pelayaran.

Jika dirasa membahayakan keselamatan pelayaran, nakhoda berhak melarang atau menurunkan seorang yang tidak berhal atau berotensi membahayakan keselamatan pelayaran dan kapal yang akan berlayar.

Kebijakan yang dilansir Kementerian Perhubungan itu langsung mendapat respon dari warganet. Intinya mereka ingin pemerintah membuataturan dan menegakkannnya secara konsisten.

Dari @gunawanpak, menyebutkan, @kemenhub151, SOP naik kapal sebaiknya semua orang yang naik kapal baik kru maupun penumpang memakai jaket pelampung untuk keselamatan. Baik kapal kecil maupun besar.

Kesedian jaket pelampung, menurut akun @gunawanpak hendaknya disesuaikan dengan kapasitas kapal.(helmi)