Angkasa Pura 2

Ini Harapan Warganet dan Roadmap Pembangunan KA di Indonesia

Destinasi EmplasemenJumat, 13 Oktober 2017
kereta-api

JAKARTA (Beritatrans.com) – Banyak harapan warganet akan sistem dan layanan kereta api (KA) yang baik, enak dan nyaman serta terintegrasi. KA diharapkan menjadi solusi masalah transportasi Indonesia di masa mendatang.

Jaringan KA diharapkan bukan hanya jaringan KA di Jawa, tapi juga diintegrasikan dengan pulau-pulau lain di Indonesia, misalnya sumatera.

Seorang warganya melalui akun @halim_lmpg “Mungkin gak min jalur kereta wilayah Sumbagsel Lampung Bengkulu lewat jalur barat khususnya pesisir barat. Rute Bandar Lampung. Pringsewu. Kota agung. Krui. Bintuhan. Bengkulu. Palembang.”

Akun yang lain menambahkan, @traveling_coffee. “Keren kalo Jawa Sumantera bisa disambungkan dengan Comuter Line atau shinkazen @kemenhub151 love.”

Roadmap KA 2019

Pengembangan Fasilitas KA

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perkeretatapian menyampaikan roadmap program percepatan pembangunan perkeretaapian di Tanah Air.

Sampai tahun 2019 mendatang, Pemerintahan Jokowi-JK akan membangunan jaringan KA baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi sampai Papua.

Seperti dilansir akun @kemenhub151, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian terus memacu peningkatan konektivitas menggunakan kereta api.

Ini adalah komitmen dalam merealisasikan program percepatan bidang perkeretaapian 2015 – 2019.

Berbagai langkah pengembangan fasilitas dan pembangunan infrastruktur telah dilakukan, antara lain menambah panjang rel agar semakin meluaskan jaringan ke seluruh tanah air.

Tahun ini, sejumlah pekerjaan di pulau-pulau besar Indonesia, sudah mengalami kemajuan. Lebih lengkapnya, silakan simak infografis terlampir.(helmi)