Angkasa Pura 2

Unit Psikologi STIP Bersama Rumah Konseling Beri Ceramah Umum dan Pencegahan LGBT

SDMMinggu, 15 Oktober 2017
STIP Lgbt2

STIP Lgbt1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Unit Psikologi STIP Jakarta bekerjasama dengan Rumah Konseling pimpinan DR. Muhgammad Iqbal mengadakan ceramah kepada para taruna dengan tema Memahami Bahaya Perilaku Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

Kegiatan ini diadakan pada hari Senin Tanggal (9/10/2017) di Ruang Auditorium STIP Jakarta. Acara ini diikuti seluruh taruna-taruni STIP terutama calon taruna (catar) tahun 2017.

Ceramah umum tersebut dimaksudkan sebagai upaya pencerahan dan pencegahan merebaknya perilaku LGBT khususnya di lingkungan kampus STIP. Melalui ceramah ini, diharapkan bisa membekali para taruna mengenai pola hidup sehat dan menjauhkan diri dari LGBT.

DR. Muhamad Iqbal sebagai narasumber dari Rumah Konseling mengatakan, pornografi menjadi variabel yang memberikan pengaruh yang besar membentuk dan mendorong terjadi dorongan seksual sejenis.

Selain itu, kata Dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana itu, pola asuh dan pengalaman buruk seksual ketika kecil dan remaja mendorong pembentukan orientasi seksual. Komunitas LGBT membuat mereka semakin kuat untuk mendorong mereka tetap menjadi pelaku LGBT.

Perilaku LGBT, papar Iqbal sangat kuat terjadi karena faktor “social learning” dan pengaruh lingkungan oleh karena itulah para taruna perlu memahami dan mewaspadai hal ini.

Dikatakan Iabal, diperlukan upaya pencegahan berkembangnya perilaku ini melalui upaya sosialisasi dan kampanye bahwa LGBT adalah perilaku menyimpang. Mereka harus dijauhi dan dihindarkan dari kehidupan kita terlebih bagi taruna di kampus STIP Jakarta.

“Untuk menyembuhkan klien LGBT, maka metode konseling dan terapi konvensional saja tidak cukup, perlu intervensi spiritual berbasis agama karena klien LGBT memiliki mekanisme pertahanan diri yang tinggi, hanya pendekatan agama yang mampu menyadarkan mereka,” sebut alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

Kegiatan ini disambut antusias taruna dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan seputar LGBT yang disampaikan para taruna saat sesi tanya jawab. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi para taruna sehingga mereka memahami gejala perilaku LGBT dan mewaspadai perkembangannya.(helmi/stip)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari