Angkasa Pura 2

Ini Dia Highlight 3 Tahun Pemerintahan Jokowi Bidang Transportasi

Bandara Dermaga Emplasemen Kokpit KoridorSenin, 16 Oktober 2017
IMG-20171016-WA0044

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan secara singkat sebagai highlight bahwa tiga tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, ingin sekali pembangunan transportasi dengan mengejar ketertinggalan.

“Kami ingin menciptakan konektivitas dan lebih jauh lagi, konektivitas yang seperti apa, berfungsi dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Menhub di Jakarta, Senin (16/10/2017).

Bukan sekadar fungsi transportasi saja, tetapi kata dia, ada juga peningkatan yang berdampak pada perekonomian dan jumlah kunjungan yang menanjak.

Dia mencontohkan Bandara Silangit, dimana setelah diluncurkan penerbangan komersil, penumpangnya naik delapan kali lipat. Bandara yang tadinya hanya melayani domestik, kini menjadi internasional.

“28 Oktober 2017, penerbangan internasional perdana dari Silangit,” tutur Menhub.

Begitu juga dengan pelayaran, di Pelabuhan Tanjung Priok, sudah diberikan kemudahan bagi kapal besar untuk datang dan menjadikannya hub internasional.

“Kereta api, detil dibahas, bagaimana angkutan masal di Jakarta bisa terbentuk, memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke kereta (kereta rel listrik),” imbuhnya.

Begitu juga dengan Pelabuhan Patimban yang dibangun salah satunya sebagai car terminal, untuk mengkomodir kawasan industri di Cikarang. Selanjutnya juga Bandara Kertajati yang dibangun dengan harapan menjadi salah satu bandara penerbangan haji kedepannya.

Namun begitu, Menhub mengungkapkan akan membuat acara khusus untuk memaparkan terkait keberhasilan transportasi pada pemerintahan Jokowi dalam waktu dekat. (omy)