Angkasa Pura 2

20 Bandara Internasional Indonesia Selesai Diaudit ICAO

BandaraRabu, 18 Oktober 2017
IMG-20171018-WA0017

JAKARTA  (Beritatrans.com) – Direktur Bandara Ditjen Perhuhlbungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub) Ir. Bintang Hidayat mengatakan, sebanyak 20 bandara internasional di Indonesia baru saja diaudit Tim ICAO.

“Hasilnya bagus mereka memenuhi aspek keselamatan sesuai standar internasional,” kata Bintang pada acara Focus Group Discussion  (FGD) IABI di Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Menurutnya hasil audit ICAO itu cukup bagus dan membuktikan  bandara-bandara di Indonesia sudah memenuhi standar internasional.

“Kendati begitu, kita semua harus terus meningkatkan kualitas pelayanan serta standar keselamatan dan keamanan yang baik,” kata Bintang didepan puluhan praktisi dan akademisi  sektor bandara di Tanah Air itu.

Oleh karena itu, menurut pejabat Kemhub itu, pihaknya akan terus membina dan menyusuri bandara-bandara yang ada. Operasional dan pelayanan bandara di Indonesia harus dipastikan baik dan prima.

“Jika ada temuan yang tidak sesuai standar akan langsung diperbaiki agar tetap comply dengan  aturan internasional,”  papar Bintang saat mewakili Dirjen Hubud Agus Santoso tersebut.

Terapkan PMS

Dalam kaitan ini,  Direktur Teknik PT Angkasa Pura Airport (APA) Ir.Polana B.Pramesti mengatakan dari 20 bandara yang diaudit ICAO  termasuk di dalamnya yang dikelola  APA terutama di daerah Indonesia timur.

“Seluruh bandara di bawah APA  sudah menerapkan pavement management system (PMS). Dan seluruh fasilitas juga dirawat sesuai standard ICAO,”  jelas Polana.

Dia menambahkan, APA sebagai BUMN operator bandara siap melayani masyarakat dan dunia usaha dengan baik sesuai standar pelayanan kelas dunia yaitu ICAO.

“Kondisi akan terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sesuai dinamika dan tuntutan regulasi baik nasional dan internasional,” tandas Polana.(helmi).

loading...