Angkasa Pura 2

Ini Dia Bandara Raksasa di Dunia

BandaraKamis, 19 Oktober 2017
courtesy-of-zaha-hadid-architects-1-1-2048x1152-20150206-140403-319

Bandara Terbesar Dunia
Makin banyak orang menggunakan pesawat terbang. Artinya, bandara juga harus makin diperluas. Dalam dua tahun mendatang, Cina akan memiliki bandara terbesar dunia. Tapi negara-negara lain juga mulai memperluas bandaranya.

Adalah bandara internasional di Beijing. Bandara Beijing-Daxing direncanakan menampung 100 juta penumpang setiap tahun. Bandara raksasa itu rencananya akan rampung Oktober 2019. Pada operasi awalnya, mungkin hanya 45 juta penumpang yang bepergian dari dan melewati bandara ini. Biaya pembangunannya sekitar 10 miliar Euro.

Atlanta saat ini bandara terbesar dunia
Tahun 2016, bandara Hartsfield-Jackson Atlanta disinggahi sekitar 104 juta penumpang. Setahun sebelumnya, bandara ini pertama kalinya menembus rekor dunia dengan lebih 100 juta penumpang.

Bandara Heathrow di London dengan lebih 75 juta penumpang pada tahun 2016. Karena jumlah penumpang terus bertambah, beberapa terminal tua sudah dibongkar dan dibangun lagi. Dengan pembangunan terminal baru yang keenam, diharapkan bandara Heathrow nantinya bisa menampung sampai 115 juta penumpang tiap tahun.

Bandara Charles de Gaulle dekat Paris tahun 2016 menampung sekitar 66 juta penumpang, dan menempati peringkat dua terbesar di Eropa. Di peringkat internasional, Paris menempati posisi ke sembilan terbesar dunia.

Bandara Dubai, tempat para syeikh dan banyak wisatawan mendarat dan berangkat. Inilah bandara markas maskapai penerbangan Emirates Airlines. Tahun 2016, sekitar 83 juta penumpnag singgah di Dubai International Airport, bandara ketiga terbesar dunia.

Bandara Dubai adalah salah satu simpul penerbangan penting untuk tujuan ke India, Asia Tenggara dan Australia.

Bandara terbesar Jerman ada di Frankfurt. Bandara ini disinggahi sekitar 60 juta penumpang setiap tahun. Pada peringkat internasional, bandara Frankfurt am Main menduduki posisi ke-13. Sekarang sedang direncanakan perluasan dengan kapasitas total sekitar 73 juta penumpnag per tahun.

Shanghai adalah bandara ketiga terbesar di Cina (setelah Beijing dan Hongkong) dengan sekitar 66 juta penumpang per tahun. Shanghai Pudong Airport terkenal dengan sistem transportasi kereta bantal magnet. Inilah kereta bantal magnet pertama (buatan Jerman) di dunia yang dioperasikan secara komersil. (via/sumber dw.com).