Angkasa Pura 2

KAI Daop 1 dan Paspampres Gelar Simulasi Pengamanan di Kereta Api

Emplasemen HankamKamis, 19 Oktober 2017
IMG-20171019-WA0005

JAKARTA (beritatrans.com) – Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bekerja sama dengab PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan serangkaian latihan simulasi penanganan darurat keamanan di kereta api, di Jakarta, Kamis (19/18/2017).

Simulasi penanganan keamanan darurat ini diantaranya penanganan gangguan teroris, penanganan gangguan para pengunjuk rasa, penanganan gangguan tekhnis lokomotif, penanganan gangguan alam dan penanganan ganguan eksternal lainnya.

Pelatihan dimulai dari Stasiun Jakarta Kota hingga Stasiun Tanjung Priok, dengan menggunakan rangkaian Kereta Api khusus.

“Hal ini kami lakukan agar jika suatu saat nanti terjadi masalah darurat keamanan terutama dalam perjalanan VVIP yang berasal dari masalah teknis kereta api maupun ancaman dari pihak luar, pasukan Paspampres sudah terlatih dan dapat mengatasinya dengan baik serta bertindak sesuai standar prosedur keselamatan yang sudah ditetapkan,” ujar Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Suprapto.

Dalam pelatihan bersama ini, pasukan Paspampres melakukan beberapa simulasi penanganan ganguan keamanan di transportasi kereta api mulai dari Stasiun Jakarta Kota, dalam perjalanan menuju Stasiun Tanjung Priok, dan di Stasiun Tanjung Priok itu sendiri. Adapun simulasi tersebut diantaranya penanganan menghadapi pendemo, penanganan saat dalam perjalanan KA ketika terjadi kebakaran pada lokomotif, penanganan apabila mendapati rintang jalan seperti pohon tumbang, dan penanganan ketika ada kerusuhan saat acara RI 1 berlangsung.

Pada simulasi latihan ini, total melibatkan 550 personil yang terdiri dari 350 personil Paspampres dan 200 personil PT KAI. Acara dimulai dari pukul 07:30 WIB sampai pukul 14:00 WIB.(aliy)

loading...