Angkasa Pura 2

Pelabuhan Sipinggan Didesain Sebagai Pelabuhan Wisata

Dermaga LitbangSenin, 23 Oktober 2017
IMG_20171023_155704

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dalam Rencana Induk Pembangunan (RIP) Pelabuhan Sipinggan, Sumatera Utara akan dibangun dengan desain sebagai pelabuhan wisata, melayani kapal cruise selain kapal rakyat dan kapal Roro.

Hal itu menurut Ketua Tim RIP Pelabuhan Sipinggan yang juga Kabag Data, Humas, dan Publikasi Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Perhubungan Rosita Sinaga, dilakukan mengingat lokasi pelabuhan untuk mendukung pariwisata Danau Toba dan Samosir.

“Nantinya di Pelabuhan akan dibangun cottage atau homestay jangka pendek tiga unit (2018-2022) dan akan menjadi 24 pada 2028-2037,” tutur Rosita di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Begitu juga dengan dermaga, dikatakan Rosita, akan ada tiga jenis yang berbeda dan terpisah antara kapal rakyat, kapal Roro, dan kapal wisata semacam cruise.

Sedangkan fasilitas umum akan dibangun 14 macam, mulai dari Kantor Pelabuhan, gedung terminal, parkir kendaraan penyeberangan dan kendaraan penjemput.

“Selanjutnya juga disiapkan fasilitas pengisian bahan bakar, air bersih, generator 100 KVA, areal generator, fasilitas ibadah, kesehatan, perdagangan, pos keamanan, wc umum, dan pembebasan lahan,” kata Rosita dengan moderator Kepala Pusbang Laut Ahmad.

Untuk pendukung lainnya, akan dipasang juga rambu suar merah, hijau, dan putih serta pelampung merah dan hijau untuk alat keselamatan. (omy)