Angkasa Pura 2

Indonesia Geber Persiapan Pencalonan Sebagai Anggota Dewan IMO

DermagaKamis, 26 Oktober 2017
IMG-20171026-WA0031

IMG-20171026-WA0030

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mendekati sidang pemilihan Anggota Dewan Internasional Maritime Organization (IMO), Indonesia yang bermaksud masuk pada kategori C menggeber persiapan pencalonannya, salah satunya melalui Workshop.

Ya,Plt. Dirjen Hubla, Bay M Hasani membuka acara Workshop Persiapan Materi dan Posisi Indonesia dalam rangka Pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan IMO pada hari ini (26/10/2017) di Merlyn Park Hotel Jakarta.

Acara dihadiri juga oleh Utusan Khusus Menhub untuk IMO, Marsetio dan Staf Khusus Menhub bidang Hubungan Internasional, Dewa Made Sastrawan dan akan berlangsung selama dua hari.

“Workshop ini secara khusus akan dititikberatkan pada pembahasan posisi Indonesia dan butir-butir intervensi yang akan disampaikan pada kedua Sidang,” jelas Bay.

Kata dia, ada beberapa agenda yang perlu sama-sama dicermati pada saat penyusunan posisi Indonesia. Misalnya posisi Indonesia terhadap laporan-laporan Sidang yang telah diikuti (LEG, FAL, MEPC, MSC, TC), kenaikan kontribusi, kegiatan Day of Seafarer dan World Maritime Day, dan hal-hal lainnya yang terkait dalam peningkatan peran IMO di dunia maritim.

IMG-20171026-WA0029

Tentunya posisi Indonesia dan butir intervensi tersebut harus bersifat konstruktif dan sejalan dengan kepentingan Indonesia sebagai Negara maritim.

“Untuk itu saya mengharapkan agar para peserta Workshop dapat memberikan masukan-masukan terhadap hal-hal tersebut sebagaimana dalam Matriks Posisi yang telah disiapkan,” urai dia.

Adapun para peserta berasal dari para pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan, Kementerian/Lembaga terkait, asosiasi dan BUMN.

Workshop ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan bahan substansi dan materi delegasi Indonesia dalam rangka menghadiri Sidang Luar Biasa Dewan IMO ke-29 pada 23 – 24 November 2017 dan Sidang Majelis IMO ke-30 yang akan diselenggarakan pada 27 November s.d. 6 Desember 2017 di Kantor Pusat IMO, London, Inggris. Adapun kedua sidang IMO tersebut di atas memiliki nilai strategis dan sangat penting bagi Indonesia sebagai anggota Dewan IMO. (omy)

loading...