Angkasa Pura 2

Menhub Budi Karya dan Gubernur Sulsel Akan Beri Kuliah Umum di Unhas Makassar

SDMJumat, 27 Oktober 2017
Budi Karya

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo akan tampil menjadi nara sumber dalam dialog mengenai konektivitas di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Mereka berdua akan menjadi narasumber dalam kegiatan Dialog Transportasi dengan tema “Konektivitas Sulawesi Selatan dan Indonesia Bagian Timur” yang akan diadakan di Universitas Sultan Hassanudin (Unhas),” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Baitul Ihwan dalam siaran pers yang diterima Beritatrans.com di Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Dikatakan, Menhub bersama Gubernur Sulawesi Selatan akan menjadi narasumber dalam kegiatan dialog dan kuliah umum tentang hasil-hasil pembangunan infrastruktur transportasi yang akan diadakan di Auditorium Prof. Dr. A. Amiruddin, Universitas Sultan Hassanudin,” jelas Ihwan.

Oemerintahn Jokowi-JK selama tga tahun terakhir sangat serius membangun infrastruktur transportasi baik jalan, bandara, pelabuhan dan kereta api (KA). Salah satunya di daerah Sulawesi Selatan.

Beberapa proyek transportasi dibangun di daerah Sulsesl. Yang kini masih dibangun adalah jaringan dan infrastruktur KA Trans Sulawesi.

Sebelumnya, Menhub Budi mengungkapkan bahwa Pemerintah akan membiayai konstruksi sepanjang 40 km sedangkan sisanya nanti dari pihak swasta.

“Saya akan memberikan 4 triliun untuk 40 km sedangkan 60 km sisanya kita mengundang swasta dan secara kebetulan pihak dari Korea  (Selatan) serius dan berminat. Saya sudah bertemu tiga kali bahkan kemarin mereka sudah ke Makassar,” jelas Menhub Budi Karya.

Sebagai informasi proyek kereta api Makassar – Parepare akan dibangun konstruksi sepanjang 145 km dan ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2018 (5 stasiun) meliputi Kabupaten Barru serta pada tahun 2019 (13 stasiun) meliputi Kabupaten Maros, Pangkep dan Barru.

Selain kunjungan ke proyek pembangunan kereta api di Kabupaten Barru, Ihwan menambahkan, Menhub juga akan melakukan peninjauan ke Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.(helmi)