Angkasa Pura 2

Pelabuhan Garongkong Barru Akan Dibangun Menjadi Pelabuhan Modern

Dermaga EmplasemenSabtu, 28 Oktober 2017
Menhub Garongkong

MAKASSAR (Beritatrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi melanjutkan meninjau pembangunan perpanjangan dermaga Pelabuhan Garongkong, Kab. Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), dalam rangkaan kunjungan kerja ke Makassar, Sulsel, Jumat (17/10/2017).

Seperti dilansir akun @kemenhub151, “Perpanjangan dermaga yang semula 250 meter menjadi 750 meter ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2019.” Pelabuhan tersebut diharapkan bisa melayani kapal-kapal internasional dan antarpulau terutama di kawasan Indoensia timur.

Pelabuhan Garongkong, Barru ke depan akan dibangun menjadi pelabuhan yang modern, dan dilengkapi dengan jaringan tranportasi yang lengkap.

Menhub melalui akun pribadinya @BudiKaryaS menyebutkan, “Nantinya, Pelabuhan Garongkong juga akan dihubungkan dengan moda Kereta Api.”

Dengan jarirngan pelabuhan, moda darat dan jaringan KA tersebut diharapkan proses distribusi barang dan jasa makin cepat, mudah dan murah. Dengan begitu, harga barang dan jasa sampai ditingkat konsumen dengan harga yang baik dan terjangkau daya beli masyarakat.

Ditambahkan Menhub, pembangunan perpanjangan dermaga ini sebagian akan menggunakan APBN atau akan dikerjasamakan dengan swasta baik lokal atau asing.

“Dalam 3 sampai 4 bulan kedepan, Kemenhub juga akan membuka tender bagi pihak swasta yang berminat mengerjakan pembangunan dermaga Garongkong ini,” tegas Menhub.(helmi)

loading...