Angkasa Pura 2

SPBU Asing, Puskepi: Haruskah Ikut Promosikan Kue Tetangga ?

Energi KoridorMinggu, 29 Oktober 2017
SPBU Vivo

JAKARTA (Beritatrans.com) – Langkah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menghadiri dan meresmikan SPBU swasta di daerah Jakarta Timur, pekan lalu mengundang pendapat pro dan kontra di masyarakat.

Direktur Puskepi Sofyano Zakaria mengaku, wajar saja jika ada pendapat seperti itu. Apalagi, Menteri ESDM itu adalah pejabat negara, dan sudah selayaknya mempunyai keberpihakan yang lebih pada BUMN, dalam hal ini PT Pertamina (Persero).

“Jika hal tersebut terkait dengan bisnis SPBU di dalam negeri, seharusnya Pertamina mendapat porsi lebih dibandingkan pemain swasta atau asing. Pasalnya, Pertamina adalah kepanjangan tangan Pemerintah atau Negara,” kata Sofyano saat dihubunghi Beritatrans.com, Minggu (29/10/2017).

Dikatakan, PT Pertamina adalah badan usaha milik Negara dan pada dasarnya pula merupakan anak kandung Pemerintah, atau akrab disebut Badan usaha Milik Negara (BUMN).

Sofyano menambahkan, ketika Kementerian Energy dan Sumber Daya Mineral (ESDM) seharusnya berfikir ulang sebelum meresmikan sebuah SPBU milik swasta. Apalagi jika telah diketahuinya akan dan bisa nenjual bahan bakar minyak (BBM) RON 89 lebih murah dari harga yang telah ditetapkannya.

“Dalam kondisi tersebut, seharusnya ini membuat Pemerintah malu hati dan tidak ikut menghadiri -syukuran SPBU swasta- itu,” kilah Sofyano.

Lebih lanjut, dia memberikan ilustrasi begini. “Jika anak kita menjual kue sedikit lebih mahal dari kue buatan tetangga, apakah pantas bagi kita, sang orang tua, mensyukuri dan ikut mempromosiakan kue tetangga itu. Apalagi yang menentukan harga jual kue anak kita itu adalah kita sendiri,” papar Sofyano.

Dia menambahkan, belum tentu pula tetangga itu selamanya mampu membuat kue dengan harga yang pasti lebih murah dari kue buatan anak kita.(helmi)

loading...