Angkasa Pura 2

Pemerintah Pusat Jangan Biarkan Transportasi Umum Di Daerah Tetap Jelek

Koridor SDMRabu, 1 November 2017
Djoko Setijowarno

IMG-20171101-WA0019

TARAKAN (Beritatrans.com) – Kelemahan beberapa daerah di Indonesia termasuk Kota Tarakan, Kaltara  dalam hal operasi transportasi umum adalah sumber daya manusia (SDM) yangg terbatas. Kendala lainnya anggaran yang minim, kelembagaan  yang tidak mendukung.

“Selain itu juga kurangnya kesadaran penuh dari kepala daerah untuk membangun transportasi umum yang baik dan layak untuk warganya,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno, ST, MT  kepada Beritatrans.com, Rabu (1/11/2017).

Menurutnya, Pemerintah Pusat jangan membiarkan kondisi angkutan umum jelek terlalu lama seperti ini. Berdayakan seluruh potensi dan kemampuan yang ada untuk pelayanan  publik tersebut.

“Koordinasi antara Kemenhub, Kemenkeu dan Kemendagri harus segera dilakukan untuk mewujudkan transportasi umum di daerah yang humanis,” jelas Djoko.

Jika tidak, menurut Djoko, hanya sekedar sebagai wacana. Jalan masih panjang dan semua harus dimulai dengan  perencanaan yang baik, terukur dan rasional.

Pembangunan transportasi umum di daerah, tambah Djoko harus dilakukan secepatnya. Jangan sampai dibiarkan  apa adanya, karena akan memberatkan masyarakat.

“Selain itu, daya saing daerah termasuk di mata investor menjadi rendah dan tidak menarik untuk menanamkan modalnya,” tandas Djoko.(helmi)