Angkasa Pura 2

Plt. Dirjen Hubdat Minta Terminal Bus Tipe A Berikan Kesan Positif

KoridorKamis, 2 November 2017
IMG-20171102-WA0007

KLATEN (beritatrans.com) – Terminal Bus Tipe A, termasuk Terminal Klaten yang menjadi salah satu dari 16 Terminal yang dipilih untuk proyek percontohan, harus mampu menciptakan kesan positif kepada para pengguna jasa.

“Buat Terminal Penumpang Tipe A lebih berkesan positif bagi masyarakat pengguna jasa. Hilangkan kesan buruk tentang Terminal,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hindro Surahmat melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan aksi.id di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Hindro mengatakan, sekarang pengelolaan Terminal Penumpang Tipe A menjadi urusan pemerintah pusat, maka harus ada perubahan positif baik dalam hal pengelolaan terminal maupun peningkatan pelayanannya minimal perilaku petugas terminal sebagai pelayan masyarakat.

Hindro mememinta kebersihan, ketertiban, dan kenyamann menjadi indikator dalam penyelenggaraan pelayanan publik termasuk terminal.

Perubahan positif ini memerlukan banyak dukungan dari pemerintah daerah, aparat keamanan dan berbagai pihak, termasuk para stakeholder yang terlibat dalam operasional terminal antara lain Para petugas terminal, awak kendaraan, penumpang, operator angkutan dan pedagang di lingkungan terminal, untuk mewujudkan “Terminal Bus A Wow Jauh lebih keren”.

Menurutnya saat ini telah terbit Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK. 4951/AJ.002/DRJD/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kebersihan, Ketertiban dan Kenyamanan.

“Termasuk di dalamnya Penanganan Kedaruratan yang merupakan perangkat rekayasa sosial budaya yang nantinya harus kita patuhi bersama,” kata Hindro.

Lebih lanjut Hindro berharap agar semua petugas terminal berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan terminal menjadi semakin baik dan angkutan bus kembali menjadi moda pilihan yang dicintai masyarakat.

Selain itu, Hindro juga memerintahkan kepada seluruh petugas Terminal Penumpang Tipe A di seluruh Indonesia terutama di 16 Lokasi Terminal yang menjadi Pilot Project, untuk konsisten melaksanakan aturan yang ada secara berkesinambungan.

“Terus budayakan kerja ikhlas dan kerja kualitas sehingga kondisi fasilitas utama dan penunjang terminal tetap bersih, tertib, dan nyaman,” lanjutnya.

Hindro menekankan agar para petugas terminal dapat bekerja secara profesional, berdasar standar operasional prosedur (SOP) dengan ikhlas dan kualitas.

“Selalu disiplin dalam melaksanakan tugas serta hindari pungli,” pungkasnya. (aliy)

loading...