Angkasa Pura 2

Cris Kuntadi: Jadilah Pegawai Bermental Pemimpin

SDMMinggu, 5 November 2017
IMG-20171104-WA0043

IMG-20171104-WA0042

DEPOK (BeritaTrans.com) – Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Cris Kuntadi menegaskan agar dapat menjadi pegawai bermental pemimpin.

Hal itu disampaikan Cris menjadi narasumber dengan tema “How to Be A Profesional Civil Servant” pada acara Career Talk Post Collage yang diselenggarakan oleh kerja sama ILUNI UI dan UIAC, di Universitas Indonesia, kemarin (4/11/2017).

“Untuk menjadi pegawai, tidak hanya menjadi pegawai tetapi harus menjadi pemimpin dimanapun berada,” ujar Cris kepada BeritaTrans.com, Ahad (5/11/2017).

IMG-20171104-WA0047

Untuk mengubah dunia kata dia, tidak harus memiliki jabatan tinggi namun yang terpenting memiliki keinginan, minimal mengubah diri kita terlebih dahulu, sehingga dapat menjadi pemimpin bagi diri sendiri dan mempunyai pengaruh bagi orang lain.

“Kompetisi pemimpin ada dua yaitu hardskill dan softskill. hardskill yaitu sesuatu yang nampak sedangkan softskill tidak kelihatan dan bahkan tidak ada sekolahnya, kalaupun sekolah itu sebagai tempatnya tetapi usahanya yaitu diri kita sendiri,” ujarnya.

Hardskill yang harus dimiliki, ungkap dia, yaitu pendidikan yang formal, sertifikasi-sertifikasi, dan menguasai teknologi serta bahasa.

Sedangkan softskill yang harus dimiliki yaitu persatuan, karakter, dan bagaimana cara memulai komunikasi yang baik dengan orang lain.

“Seorang excelent leadership yang kompeten, harus menjadi proyek perubahan moral dan integritas yang tinggi dan sebagai agen perubahan,” tutur Cris. (omy)