Angkasa Pura 2

Dukung Mobil Listrik, ESDM: Saat ini Sudah ada 1.343 SPLU

Energi Koridor OtomotifSenin, 6 November 2017
SPLU di Indonesia

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama pihakterkait terus menambahkan fasilitas dan infrastruktur yang dibutuhkan untuk kendaraan listrik baik mobil atau motor di Tanah Air.

Saat ini, telah dibangun 1.343 Stasiun Pengisian Listrik Umum (STPU) di seluruh Indonesia. Data yang dikutip dari @kementerianESDM menyebutkan, dari SPBU yang ada sebagian besar ada di Jawa, yaitu DKI Jakarta 692 unit, Jawa Barat 145 unit, Jawa Tengah 114 unit, Jawa Timur dan Bali masing-masin 64 unit.

Sedang daerah lainnya di Aceh ada 50 SPLU, Riau 16 SPLU, Lampung 42 SPLU dan Babel 26 SPLU. Sementara daerah luar Jawa lainnya, di Kalimantan Tengah ada 21 SPLU, Kaltara ada 8 SPLU, Sulselbar ada 18 SPLU, Sultenggo 8 SPLU, NTB 10 SPLU dan NTT 2 SPLU serta Papua dan Papua Barat ada 4 SPLU.

Penambahan SPLU dan lokasinya yang makin merata di Tanah Air, diharapkan bisa memudahkan pengguna kendaraan listrik baik mobil atau motor jika akan melakukan isi ulang baterai. Penggunaan kendaraan listrik diyakini akan menghemat energi fosil, bersih dan ramah lingkungan.

Terkendala SPLU

Sebelumnya, Guru Besar FT UI Prof. Dr. Dedi Kurniadi dalam Talk Show 53 Tahun FT UI mengatakan, salah satu kendala pengembangan kendaraan listrik baik motor atau mobil di Indonesia adalah masih terbatasnya SPLU.

Sementara, lanjut Dedi, pengembangan mobil listrik di Tanah Air, termasuk FT UI sudah semakin bagus dan bisa dikembangkan jika SPLU diperbanyak.

“Keengganan dan ketakutan masyarakat menggunakan mobil atau motor listrik salah satunya, masih terbatasnya SPLU. Jika tiba-tiba materai low dan tak bisa mengisi, maka mobil akan mogok. Solusinya yang terbaik dalam dengan menambah jumlah SPLU dengan persebaran yang makin merata,” tandas Dedi.(helmi)