Angkasa Pura 2

Perlintasan Sebidang KA di Jalan Angkasa Kemayoran Ditutup Permanen

EmplasemenSenin, 6 November 2017
Penutupan Perlintasan Kereta di Jalan Angkasa, Kemayoran

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perlintasan sebidang kereta api di Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat resmi ditutup mulai 13 Oktober 2017 lalu. Rencana penutupan yang semula hanya akan berlangsung hingga 27 Oktober 2017, akhirnya berlanjut menjadi permanen.

Penutupan dilakukan bukan hanya menggunakan pembatas beton di kedua sisi, tapi juga menggunakan bangkai rel yang memalang tepat di belakang beton.

Dari pantauan Kompas.com, banyak spanduk bertuliskan penolakan dari warga setempat. Bahkan pelang penanda jalan milik Dishub DKI yang mengarahkan pengguna harus melewati underpass menuju Senen dicoret oleh warga.

Spanduk penolakan bertuliskan soal kemacetan yang terjadi akibat adanya penutupan pada perintasan kereta api.

“Intinya bikin tambah macet, underpass juga tidak gerak karena semua orang jadi ke sana, biasanya kan nyebar ada yang atas ada yang bawah,” ucap Riyan pengguna motor yang biasa melewati Jalan Angkasa untuk menuju Kemayoran kepada Kompas.com, Senin (6/11/2017).

Warga setempat juga mengeluhkan jalan perkampungan menjadi macet akibat digunakan sebagai jalur alternatif menuju Jalan Garuda dan Bungur.

“Kalau bisa sih dibuka lagi, kalau untuk di depan rel memang tidak macet, tapi liat efeknya ke pemukiman jadi macet, apalagi kalau pagi dan sore jam anak sekolah dan pulang kantor. Tidak efektif jadinya kan,” ucap Ali salah satu petugas parkir yang juga warga Bungur.

Sebelumnya, Kasudinhub Jakarta Pusat Harlem Simanjuntak mengatakan, pertimbangan penutupan pintu perlintasan KA di Jakarta, termasuk di Jalan Angkasa, tak terlepas dari unsur keselamatan para pengguna jalan.

“Jadi kan sudah ada beberapa perlintasan yang ditutup, kalau ini ditutup hanya untuk memberikan keselamatan saja bagi para pengguna jalan,” kata Harlem kepada Kompas.com, Rabu (25/10/2017).

Harlem menilai, keberadaan perlintasan KA tersebut sudah tidak pantas berada di tengah jalan karena memang membahayakan para pengguna jalan.(della).

loading...