Angkasa Pura 2

Beroperasi Mei 2018, Bandara Kertajati Jawa Barat Siap Layani Penerbangan Haji dan Umrah

BandaraRabu, 8 November 2017
DOBi3S5UMAAdF0Y

JAKARTA (Beritatrans.com) – Bandara Kertajati, Jawa Barat  targetnya bulan Mei 2018 sudah bisa  beroperasi.   Bandara itu akan menjadi ikon Jawa Barat sekaligus mengurangi beban Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang Banten dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

“Bandara Kertajati Jawa Barat akan melayani penerbangan haji musim haji mendatang. Kami mengajak swasta berperan dengan berinvestasi untuk pembebasan lahan,” kata Menhub Budi Karya Sumadi melalui akun @budikaryas yang dikutip Beritatrans.com, Rabu.

Penegasan tersebut disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi usai mengikuti Dialog Nasional di Sukabumi, Jawa Barat bersama Menteri PUPR M.Basuki Hadimoeljono kemarin.

Selama ini, jamaah haji dan Umrah harus terbang ke Tanah Suci baik Riyadh, Madinah atau  King Abdul Aziz  Jeddah harus melalui Bandara Soetta.

Sementara, kondisi lalu lintas  termasju dari dan menuju Bandara Soetta sudah berubah. Sejalan dengan pembangunan infrastruktur transportasi di Kota Jakarta dan sekitarnya membuat kemacetan lalu lintas termasuk menuju ke Bandara Soetta di Tangerang makin parah.

Selain itu, kepadatan penerbangam di Bandara Soetta menjadi masalah tersendiri seperti banyak delay atau amtre di apron  karena padatnya penerbangan di sana. Implikasisnya pelayanan yang kurang pada calon jamaah Haji atau Umroh.

Sementara, pembangunan fisik Bandara Kertajati  di Majalengka Jawa Barat sudah mendekati akhir dan penambahan fasilitas pendukungnya. Kini tinggal finalisasi khususnya dari sisi udara dan sisi darat pendukungnya.

“Awal tahun 2018 Bandara Kertajati Jawa Barat sudah bisa diresmikan. Sesuai arahan Presiden Jokowi mulai tahun depan pelayanan Umrah sudah bisa dipindahkan ke Bandara Kertajati,” kata Komut Bandara Kertajati M.Iksan Tatang menjawab Beritatrans.com di Jakarta kemarin.

Dari sisi udara, lanjut dia, pembangunan Bandara Kertajati sudah selesai tinggal finishing saja. Selain  itu dari sisi darat seperti terminal, Asrama Haji, kawasan bisnis dan lainnya terus dikebut pembangunannya.

“Manajemen Bandara  Kertajati siap mengoperasikan sesuai program Pemerintahan Jokowi-JK. Salah satunya melayani jamaah Umrah yang akan dipindahkan  ke Bandara Kertajati mulai tahun depan,” tandas Tatang.(helmi)

loading...