Angkasa Pura 2

Puskepi Apresiasi Swasta Bangun SPBU di Wilayah 3 T Tapi Jangan Dimanfaatkan Oknum Asing

Energi KoridorKamis, 9 November 2017
WhatsApp-Image-2017-11-09-at-12.46.29-1-640x350 (1)

JAKARTA (Beritatrans.com) – Direktur Puskepi Sofyano Zakaria menyambut gembira usaha Pemerintah menambah dan membangun SPBU di wilayah Terluar, Terjauh dan Tertinggal atau 3T. Termasuk SPBU yang dibangun pihak swasta di beberapa daerah di Indonesia.

“Adanya pembangunan SPBU di wilayah 3T bisa membuat masyarakat mudah dan murah dalam membeli BBM” kata Sofyano di Jakarta, Jumat (9/11/2017).

Seperti diketahui, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas)  Rabu (8/11/2017) meresmikan SPBU milik PT Aneka Kimia Raya (AKR). SPBU milik swasta itu terletak di kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar).

SPBU ini merupakan bagian program BBM Satu Harga yang dikebut oleh pemerintah hingga akhir tahun ini bisa tercapai target 54 titik di seluruh Indonesia.

Jangan Dimanfaatkan Oknum

Namun begitu, menurut Sofyano,  Pemerintah jangan lupa, bahwa SPBU sudah jadi bisnis yang diincar banyak pihak termasuk pelaku usaha migas asing.

Oleh karenanya, “Jangan sampai program BBM satu harga dimanfaatkan oknum tertentu menjadi alat bisnis apalagi yang hanya kepanjangan tangan asing. Padahal,  tujuan sebenarnya mereka tidak sesuai konsep   BBM Satu Harga Pemerintah Indonesia,” tukas Sofyano.

Putra asli Kalbar itu  menambahkan, “Dalam satu kabupaten misalnya di Bengkayang Kalbar. Karena pertimbangan keterbatasan jumlah kendaraan yang ada, maka bisa saja pembangunan SPBU oleh Pertamina terwujud dalam jarak antara satu SPBUdengan SPBU lain sekitar 70 km,” sebut dia.

Namun karena jarak antar SPBU sangat jauh , papar Sofyano, bisa saja ada oknum anggota masyarakat  yang mengambil kesempatan. Mereka membeli BBM dari SPBU dan menjual kembali secara illegal BBM itu ke umum, dengan harga yang tinggi katakan Rp30.000 ribu perliter.

“Lantas, apakah gara-gara beberapa  penjual illegal BBM , maka pemerintah lalu meminta Pertamina atau swasta segera bangun SPBU untuk BBM Satu Harga diantara SPBU yang ada,” tandas Sofyano.(helmi)