Angkasa Pura 2

Kemhub Komit Kembangan Jaringan KA di Luar Jawa

EmplasemenJumat, 10 November 2017
Jaringan KA 3thn

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemhub) telah membangun sejumlah jaringan rel kereta api (KA) di berbagai daerah di Tanah Air.

Jaringan KA baru telah dibangun, terutama di beberapa daerah luar pulau Jawa, sepertti sulawesi dan Kalimantan serta pengembangan KA di Sumatera untuk meperluas cakupan layanan KA.

Seiring itu, pengoperasian kembali jalur rel lama yang semula tidak aktif, juga dilakukan. Termasuk pembangunan jalur rel ganda demi meningkatkan kapasitas pengangkutan.

Upaya-upaya tersebut menjadi wujud komitmen pemerintah dalam mencukupi kebutuhan masyarakat akan sarana dan prasarana konektivitas kereta api yang andal serta memadai.

Dengan demikian, aktivitas ekonomi masyarakat dan kelancaran distribusi komoditas pun mampu terdukung, yang secara bertahap akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di daerahdaerah yang terlayani jasa kereta api.

Seperti dilasnir akun @kemenhub151, “Sejak dulu kereta api telah menjadi moda transportasi darat yang digemari masyarakat.”

Menurut akun tersebut itu adalah hal wajar. “Sebab sarana ini memiliki banyak kelebihan. Di samping soal ketepatan waktu berangkat dan tiba, kereta api mampu mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah besar untuk sekali perjalanan.”

Faktor itu lantas mendorong Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk kian meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur penunjang kereta api agar lebih maksimal melayani masyarakat.

Respon Masyarakat Bangus

Sementara, warganet banyak mengharapan pembangunan jaringan KA atau reaktiviasi jaringan yang ada lebih mengutamakan faktor keselamatan. Akun #Perhubungan melalui @angga_beachBisakah penanganan perlintasan sebidang menggunakan sistem under pass?”

Pendapat dan harapan sama disampaikan akun @addiinfirman. Dia justru menanyakan, “Jadi yang dimaksud penanganan perlintasan sebidang itu penutupan secara permanen ya,” tanya dia.

Sementara, akun @rickychristian90 menanyakan, jalur KA Kalisat – Panarukan gimana nih, pak ?? Kok tidak ada kabar yang menggembirakan buat warga situbondo. “Kami tidak ingin berharap transportasi kereta api di Situbondo hilang. Bangkitkan jalur rel mati Kalisat – Panarukan.”(helmi)