Angkasa Pura 2

Kendaraan Buatan UMB Lolos Seleksi Kompetisi Mobil Hemat Energi 2017

Koridor SDMMinggu, 12 November 2017
IMG-20171111-WA0004

JAKARTA (beritatrans.com) – Mobil buatan Universitas Mercu Buana (UMB) berhasil lolos seleksi Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Jawa Timur, 6-11 Oktober 2017.

Dosen Fakultas Teknik UMB yang juga penemu alat pengendali kecepatan bernama Speed Limiter Integrated Fatigue Analyzer (SLIFA), Hadi Pranoto, MT., mengatakan, mobil hemat energi hasil karya para mahasiswa Fakultas Teknik UMB bernama Tim Geni Biru tersebut mampu bersaing dengan 77 tim dari 43 Perguruan Tinggi yang mendaftar KMHE 2017.

“Mobil karya Tim Geni Biru UMB masuk dalam kategori gasoline prototype,” kata Hadi yang menjadi instruktur Tim Geni Biru tersebut kepada beritatrans.com dan aksi.id di Jakarta, Minggu (12/11/2017).

Team Geni Biru terdiri dari Kuswandi, Ivan Nur Fakrurrozi, Januar Sputro, Lutfi Elwinsyah, Andika Pratama, Doni Darmawan, dan Jaya Santosa.

Proyek mobil hemat energi besutan tim UMB mampu membuktikan bahwa universitas swasta tidak kalah dengan universitas negeri.

“Sehingga ajang ini telah mampu menunjukkan kemampuan mahasiswa-mahasiswa kami yang sangat luar biasa bagimana mereka mampu menangani masalah teknik, kecepatan eksekusi, dan lain-lain,” kata Hadi Pranoto.

Menurut Hadi Pranoto, tes atau ujian dalam kompetisi mobil hemat energi ini tidak main-main. Sebelum diizinkan menjajal sirkuit Kenjeran, mobil besutan Tim Geni Biru yang diberi nama BIMA 01 Gasoline menjalani benerapa tes atau ujian yang ketat.

“Alhamdulillah BIMA 01 Gasoline mampu bersaing dengan mobil lain walaupun hasilnya masih kurang beruntung,” kata Hadi Pranoto.

Bima 01 Gasoline mengalami masalah di poros penggerak belakang pada lap pertama. Poros penggeraknya patah.

“Tetapi kami tetap bangga bahwa kami mampu untuk berkerja dengan tim dan mengharumkan nama UMB pada kompetisi sangat bergengsi tersebut,” ujarnya. (aliy)