Angkasa Pura 2

BPTJ Matangkan Rencana Pembangunan Kanal CBL Sebagai Lintasan Kapal Logistik

Dermaga KoridorSenin, 13 November 2017
IMG_20171113_115015

IMG_20171113_114952

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mematangkan rencana pembangunan kanal Cikarang Bekasi Laut (CBL) di kawasan industri Bekasi Kerawang Purwakarta (Bekapur).

Untuk itu dilaksanakan rapat dengan berbagai pemangku kepentingan seperti Ditjen Perhubungan Darat dan Laut, Pelindo II, Aptrindo, Delta Mas, Organda, dan lainnya.

“Kami mendapatkan penugasan baru untuk merealisasikan CBL, namun bentuknya masih belum pasti untuk kawasan Bekapurnya, apakah KEK atau Badan,” papar Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Jakarta, Senin (13/11/2017).

Disebutkannya, tugas BPTJ bukan hanya konektivitas bagaimana membangun industrinya saja dengan pembangunan fisik, tetapi juga policy nya.

Dengan adanya CBL sepanjang 20 km ini nantinya angkutan logistik tidak perlu lagi ke Pelabuhan Tanjung Priok dan dengan begitu juga berdampak pada pengurangan kemacetan lalu lintas.

Pihaknya juga terus mendorong terciptanya railbase dan seabase untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di jalur Jakarta-Cikampek.

Kepala Sub Direktorat Evaluasi Program, Direktorat Perencanaan Dan Pengembangan BPTJ Sugiarto menambahkan, pihaknya sudah memeroleh laporan bahwa saat ini CBL sudah terdapat dermaga-dermaga yang dibangun Ditjen Perhubungan Darat.

“Diantaranya dermaga Muara Gembong, Eretan, dan Cilincing,” ungkapnya. (omy)