Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla Gelar Sosialisasi Peralatan Keselamatan Pelayaran Rakyat

DermagaSelasa, 14 November 2017
IMG-20171114-WA0010

BANJARMASIN (beritatrans.com) – Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Dorektorat Jenderal Perhubungam Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan melakukan sosialisasi peralatan keselamatan pelayaran, khususnya untuk kapal-kapal rakyat dan nelayan di halaman kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Kalimantan Selatan, hari ini, Selasa (14/11/2017).

Sosialisasi alat-alat keselamatan ini rencananya akan dibuka oleh Direktur KPLP Ditjen Hubla Marwansyah mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus H Purnomo.

Ketua Panitia Pelaksana Sri Rejeki Budi Rahayu mengatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan PM. 189 Tahun 2015 yang menyebutkan bahwa KPLP mempunyai tugas dan tanggung jawab mengawasi persyaratan keselamatan dan keamanan yang menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhanan dan lingkungan maritim.

IMG_20171114_085050

“Kegiatan sosialisasi ini melibatkan sekitar 50 perusahaan pelayaran rakyat dan nelayan, serta 72 instansi terkait dan asosiasi,” kata Sri Rejeki yang juga menjabat Kepala Sub Direktorat Sarana dan Prasarana Direktorat KPLP ini.

Selain sosialisasi, Direktorat KKPLP rencananya akan memberikan bantuan 300 unit Life Jacket kepada asosiasi/pengusaha kecil pelayaran rakyat Banjarmasin.

Pada kesempatan itu juga akan dikenalkan maskot keselamatan pelayaran Ditjen Hubla yang di beri nama Si Bombang yang dalam bahasa masyarakat Bugis berarti ombak laut.

“Maskot keselamatan berupa ikan lumba-lumba ini sebagai wujud pemerintah dalam menciptakan pelayaran yang selamat, tertib, aman, dan nyaman atau yang lebih dikenal dengan PASTINYA,” kata Sri Rejeki. (aliy)

Foto: Humas Ditjen Hubla/Indi Astono