Angkasa Pura 2

KN Bacan Resmi Diserahkan Orela Shipyard ke Direktorat Kenavigasian Hubla

DermagaSelasa, 14 November 2017
IMG-20171114-WA0031

GRESIK (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kenavigasian mulai mengoperasikan kapal negara Kelas I Kenavigasian KN. Bacan.

Hal tersebut ditandai oleh adanya pelepasan (delivery) kapal KN. Bacan di galangan kapal PT. Orela Shipyard Gresik Jawa Timur pada hari ini (14/11/2017).

Penyerahan kapal KN Bacan  ditandai dengan penandatanganan Nota Serah  terima dari Dirut Orela Sujianto kepada PPK Agus Widoyoko dari Ditjen Hubla. Sementara replikasi KN Bacan diserahkan Sujianto   kepada  Direktur Kenavigasian Hubla I Nyoman Sukayadnya.

Pelepasan kapal kelas I Kenavigasian tersebut dilakukan secara resmi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili oleh Direktur Kenavigasian, Ir, I Nyoman Sukayadnya.

Dalam sambutannya, Direktur Kenavigasian menyebutkan bahwa kapal KN. Bacan nantinya akan bertugas untuk membantu dan menjaga keselamatan pelayaran khususnya dalam mendukung fungsi kenavigasian di laut.

“Dengan adanya pelepasan dari galangan kapal, KN. Bacan ini siap beroperasi dan melengkapi armada kapal kenavigasian yang sudah ada. Rencananya KN. Bacan ini akan ditempatkan di pangkalan dan dioperasikan oleh Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Ambon,” kata Nyoman.

Pada kesempatan tersebut, Nyoman juga memberikan apresiasi kepada PT. Orela Shipyard yang telah berhasil menyelesaikan pekerjaan pembangunan kapal KN. Bacan tepat waktu.

Industri Dalam Negeri

“Kita patut berbangga karena kebutuhan kapal di Indonesia bisa dipenuhi oleh Industri dalam negeri salah satunya di produksi oleh PT. Orela Shipyard di Gresik ini,” tutur I Nyoman.

Nyoman juga menyampaikan bahwa dengan adanya pekerjaan pembangunan kapal khususnya di Galangan Kapal Orela Shipyard Gresik ini tentu akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah karena dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas. Orela diharapkan akan mampu menyerap banyak tenaga kerja khususnya bagi masyarakat di wilayah Gresik dan sekitarnya.

“Untuk itu, saya berharap dengan rampungnya pembangunan kapal-kapal kenavigasian yang mulai dibangun pada tahun 2015 sampai 2017,”

Selanjutnya diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi bangsa Indonesia serta dapat dijaga dan dirawat dengan baik agar kondisi teknisnya terus terjaga dan selalu laik laut sehingga dapat diandalkan ketika menjalankan tugas kenavigasian,” tandas Nyoman.(helmi)