Angkasa Pura 2

KN Bacan Siap Berlayar Dukung Operasional Disnav Kelas l Ambon

DermagaSelasa, 14 November 2017
IMG-20171114-WA0041

IMG-20171114-WA0043

GRESIK (Beritatrans.com) – Kepala Distrik Navigasi (Disnav) Kelas l Ambon Yefry Meidison, MM, M.Mar.E secara resmi menerima KN Bacan dari Direktur Kenavigasian Ditjen Hubla Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM.

KN Bacan adalah kapal terbaru di  Disnav Kelas l Ambon yang baru selesai dibangun dan diserahterimakan dari PT Orela Ship Yard  Gresik, Jawa Timur, Selasa (14/11/2017).

Kepada Beritatrans.com, Yefry mengaku siap  mengoperasikan KN Bacan untuk menjalankan tugas-tugas kenavigasian khususnya di Disnav Kelas l Ambon. Dengan tambahan kapal  KN Bacan semoga mampu menjaga dan meningkatkan keselamatan pelayaran khususnya di wilayah kerja  Disnav Kelas l Ambon.

“Disnav Kelas l Ambon mempunyai wilayah kerja cukup luas yang meliputi Maluku dan Maluku Utara. Dari seluruh wilayah kerjanya sebagiab besar adalah laut dan hanya sekitar 8% yang berupa daratan,” jelas Yefry  menjawab Beritatrans.com.

Menurut alumni AIP  XXXI tersebut,  dengan luasnya wilayah kerja serta tantangan cuaca dan iklim yang esktrem membuat Disnav Kelas l Ambon harus kerja ekstra keras. Selain SDM yang makin terampil juga harus didukung sarana dan fasilitas yang memadahi.

“Kehadiran KN Bacan ini tentu akan memperkuat operasional Disnav Kelas l Ambon. Sebagai personel Disnav Yefry dan seluruh staf siap menjalankan tugas terutama untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di Indonesia timur,” papar Yefry.

IMG-20171114-WA00427

KN Bacan dengan 17 Krew

Mulai Rabu (15/11/2017) menurut dia, KN Bacan akan berangkat berlayar menuju pangkalan Disnav Ambon. Kapal navigasi ini akan meninggalkan perairan  Gresik menuju Ambon.

“Dengan 17 krew yang dipimpim nakhoda Capt Yanoch,  KN Bacan akan berlayar menuju Pangkalan Disnav  Kelas l Ambon untuk mendukung operasional  Maluku dan Maluku Utara,” terang Yefry.

Capt. Hanoch yang dihubungi Beritatrans.com mengatakan, dengan kecepatan 14-15 knot diperkirakan sekitar 4 hari  KN Bacang sudah tiba di Ambon. “KN Bacan siap berlayar dengan 17 ABK yaitu 10 ABK deck dan 7 lainnya krew mesin,” kata dia.

“KN Bacan dalam kondisi bagus dan siap dioperasikan. Semoga cuaca bersahabat dan kapal serta ABK sampai ke pangkalan Disnav Kelas l Ambon dengan selamat dan tepat waktu,” tandas Capt. Hanoch.(helmi)