Angkasa Pura 2

Koperasi TKBM & Buruh Ancam Mogok Nasional Menentang Revisi SKB

DermagaSelasa, 14 November 2017
20171114_134120-600x400

JAKARTA (BeritaTrans.com)
– Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) bersama buruh di seluruh pelabuhan mengancam melakukan aksi mogok nasional sebagai upaya menentang rencana pemerintah merevisi SKB 2 Dirjen dan 1 Deputi yang membuka peluang bagi
badan usaha lain mengelola TKBM di pelabuhan.

Dalam SKB Dirjen Perhubungan Laut (Kemenhub) , Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (Kemenakertrans) serta Deputi Kelembagaan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop) Tahun 2011 pada pokoknya berisi pengelolaan TKBM dilaksanakan oleh Koperasi.

Sementara rencana mogok TKBM secara nasional di seluruh pelabuhan diputuskan dalam pertemuan Induk Koperasi (Inkop) TKBM Pelabuhan dengan Tim Eksistensi Koperasi TKBM Pelabuhan bersama Federasi Serikat Pekerja 7 November 2017.

Kapan mogoknya ? pihak koperasi sengaja tidak mencantumkan tanggal untuk mencegah upaya pihak tertentu menggagalkan rencana tersebut, kata Wakil Bendahara Tim Eksistensi Koperasi TKBM Rahmat Hidayat.

Ketua Induk Koperasi (Inkop) TKBM Pelabuhan Sugito dihubungi Selasa (14/11/2017) mengatakan mereka sudah lama mendengar SKB 2 Dirjen dan 1 Deputi mau direvisi dengan SKB 2 menteri (Menhub dan Menakertrans) yang mengijinkan badan usaha lain mengelola TKBM di pelabuhan.

Menyikapi ini Inkop TKBM , 15 Mei 2017 membentuk Tim Eksistensi Koperasi TKBM beranggota 19 orang dari Koperasi TKBM dengan Ketua M Nasir dari (Kaltim) Sekretaris Agus Budiono (Dumai) dan Bendahara Victoria (Kupang).

Puncaknya pada 7 November 2017 dilakukan pertemuan antara Inkop TKBM, Tim Eksistensi Koperasi bersama Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia (SPTI), Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (FSPMI) disepakati akan melakukan mogok nasional sebagai perlawanan terhadap revisi SKB tersebut.

Wakil Bendahara Tim Eksistensi Rahmat Hidayat mengatakan revisi SKB tersebut semula mau dikeluarkan Agustus kemudian ditunda dan terakhir kami dapat info mau keluar antara tgl 15-20 November 2017. (wilam)