Angkasa Pura 2

Pemerintah Harus Tegas dan Adil di Jalan Raya Jakarta

Koridor OtomotifSenin, 20 November 2017
MRT Jakarta Proyek

JAKARTA (Beritatrans.com) – Banyak usulan dan saran warga Jakarta agar Pemerintah DKI Jakarta tegas dan adil di jalan raya. Sebagai regulator, Pemerintah harus mengatur dan menegakkan aturan lalu lintas di jalan raya. Selain itu juga disertai pembangunan transportasi umum yang baik dan memadahi bagi pengguna jalan di Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta perlu segera membangun transportasi umum yang baik dan kapasitasnya besar. Transportasi umum yang ada termasuk TransJakarta dinilai masih kurang dibandingkan kebutuhan riil di lapangan.

“Mau jungkir balik kayak apa kalau tolok ukur 50% penduduk Jabodetabek tidak disediakan dan menggunakan transporatasi massal ya akan involusi terus seperti sekarang,” cetuk #SukaTunjukkan mantap.

Sementara, warganet lainnya #Ahmad Safrudin mengatakan, kebijakan Pemprov DKI Jakarta juga dinilai kurang tepat dan masih banyak celah yang bisa membuka peluang penggunaan kendnaan pribadi termasuk speda motor.

Kapasitas Jalan Turun

Akibatnya, lanjut Syafrudin, tingkat kemacetan lalu lintas masih tinggi. Apalagi di beberapa ruas jalan protokol seperti Jalan Sudirman, Jalan MH tamrin, Jalan MT Haryono, Jalan Raya Bekasi dan lainnya tengah dibangun proyek infrastruktur.

Dalam kondisi tersebut, maka kapasitas jalan raya menjadi turun dan jauh berkurang. Dan pada saat peak season, terutama pagi dan sore hari terjadi kemacetan yang luar biasa. Meski di setiap sudut jalan dijaga polisi dan Stapol PP, namun kemacetan parah itu tak bisa dihindarkan.

Syafrudin mengusulkan, “Jadi, rancangan yang sudah ada supaya diubah agar bisa mengakomodasi kendaraan roda dua. Kami ingin pastikan bahwa seluruh areal di Jakarta ini memang accessible kepada warganya, baik yang roda dua, roda empat, maupun lebih,” tandas dia.(helmi)