Angkasa Pura 2

Tak Perlu Cetak Boarding Pass, Angkasa Pura II Luncurkan Layanan Mobile Check In

BandaraSenin, 20 November 2017
Pergerakan Pesawat di Bandara Soekarno Hatta

TANGERANG (beritatrans.com) – PT Angkasa Pura II (AP II) terus melakukan inovasi pelayanan bandara dalam mendukung program Smart Airport dengan mengoperasikan layanan baru di Mobile Apps Indonesia Airports yaitu mobile Check-in dari maskapai Garuda Indonesia. Layanan ini sekaligus langsung mengeluarkan e-boarding pass di smartphone tanpa perlu nge-print lembar boarding pass.

Sebelumnya AP II menyediakan self check-in kiosk di Terminal 3 Keberangkatan Bandara Soekarno Hatta, sehingga penumpang pun bisa memilih dengan cara apa melakukan proses check-in nya.

Adapun layanan check-in melalui Mobile Apps Indonesia Airport ini dapat di unduh di Google Play yang kemudian akan tersedia untuk versi iOS di Apple Store.

Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin, Senin (28/11/2017) mengatakan, “Check-in melalui Mobile Apps Indonesia Airports ini merupakan salah satu upaya AP II beserta maskapai penerbangan untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang.”

Mulai 19 November kemarin baru Garuda Indonesia. Meskipun demikian, pada awal tahun 2018 mayoritas penumpang airline lainnya dapat menggunakan fasilitas mobile check-in di platform aplikasi Indonesia Airports AP II.

“Kami optimistis kebijakan baru ini akan mengurangi antrian di check-in counter yang juga berdampak kepada semakin mudah dan cepatnya proses keberangkatan bagi penumpang sehingga dapat berdampak juga pada on time performance bandara maupun maskapai,” kata Awaluddin.

Selain implementasi smart airport pada proses pre journey, AP II juga telah mengimplementasikan beberapa konsep smart airport untuk proses on journey dan juga post journey pada aplikasi Indonesia Airports. Penumpang dapat melihat detail penerbangan mereka berikut dimana gate keberangkatannya dan juga penumpang dapat mem-book tiket taksi serta dapat melihat jadwal bus, skytrain, shuttle bus, memesan layanan parkir inap.

“Kedepannya jadwal layanan kereta bandara juga akan menjadi fitur yang ada pada aplikasi Indonesia Airports,” ujar Awaluddin. (aliy)