Angkasa Pura 2

Balitbanghub Laksanakan Forum Komunikasi Kelitbangan

LitbangSelasa, 21 November 2017
IMG-20171121-WA0053

IMG-20171121-WA0032

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) melaksanakan Forum Komunikasi Kelitbangan (FKK), melibatkan Kementerian dan Lembaga terkait seperti Kementerian Keuangan dan Kementerian Hukum dan Ham.

Forum ini mengemukakan tema “Revitalisasi Badan Litbang Perhubungan Dalam Mendukung Pembangunan Infrastruktur Transportasi untuk Peningkatan Daya Saing dan Kemandirian Perekonomian Nasional”.

Tujuan pertemuan berkala FKK adalah untuk mewujudkan sinergitas penelitian dan pengembangan dalam mendukung kualitas berbagai prioritas nasional melalui inovasi dan kolaborasi penelitian antar lembaga kelitbangan dan stakeholder.

“Sehingga hasil penelitian dapat membantu menjawab tantangan berbagai permasalahan dalam pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan daya saing perekonomian nasional,” jelas Kepala Balitbanghub Umiyatun Hayati Triastuti di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Semakin berkembangnya teknologi transportasi, menurut Kabalitbanghub, harus dilihat sebagai peluang bagi Badan Litbang Perhubungan dalam meningkatkan peran dan fungsinya untuk menjawab semua tantangan dan isu transportasi yang sedemikian kompleks dan bersifat lintas sektor.

Karenanya kegiatan penelitian kedepan diharapkan tidak lagi hanya bersifat desk study tetapi juga engineering research dan peran Balitbanghub sebagai Knowledge Management Center (KMC) di bidang transportasi.

“Untuk menjadikan Badan Litbang kedepan sebagai lembaga riset yang berkompeten, terpercaya, dan kredibel maka Badan Litbang perlu mengambil langkah-langkah didepan dalam pembaruan dan reformasi penelitian di bidang transportasi,” tutur Kabadan Litbanghub.

Salah satunya, dengan membangun kolaborasi penelitian dengan lembaga-lembaga penelitian maupun universitas tingkat nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan riset transportasi khususnya untuk mendukung penelitian teknologi transportasi dan menjawab permasalahan transportasi yang bersifat lintas sektor seperti faktor emisi gas buang kendaraan terhadap lingkungan. (omy)

loading...