Angkasa Pura 2

Jawa Terhubung Jalan Tol, Arus Mudik Lebaran 2018 Makin Lancar

Koridor SDMSelasa, 21 November 2017
Basoeki-hadimoeljono

YOGYAKARTA (Beritatrans.com) – Pembangunan jalan tol TransJawa diharapkan segera rampung tahun depan. Mulai dari Merak di Banten sampai Surabaya Jawa Timur sudah terhubung jalan tol. Arus lalu lintas orang dan barang pun bisa semakin lancar dan implikasinya bisa menekan biaya logistik di Indonesia.

“Jadi (ditargetkan tol trans Jawa) tahun 2018 nyambung (terhubung),” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimolejono usai menjadi pembicara acara pembekalan calon wisudawan-wisudawati di kampus UGM, Yogyakarta, Selasa (21/11/2017).

Dia menambahkan, khusus mudik Lebaran tahun 2018 dia menjamin akan lebih lancar. Masyarakat pemudik mempunyai banyak pilihan, bisa melaju di jalan tol, atau jalan arteri bahkan jalur akternatif khususnya di pantai pantai utara (Pantura) Jawa.

“Kalau jalur mudik nanti mudah-mudahan walaupun mungkin belum operasi tetapi sudah tidak darurat lagi,” jelas Menteri PUPR itu lagi.

Peta-Tol-Trans-Jawa

Akan Diresmikan Presiden Jokowi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerangkan, sejumlah ruas tol seperti Tol Solo-Ngawi dan Tol Ngawi-Kertosono siap dilalui. Dia berharap kedua tol ini bisa diresmikan Bulan Januari 2018.

“Kalau Tol Trans Jawa, kalau yang Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, mudah-mudahan Januari (2018) ini bisa diresmikan,” kata Basuki
seperti dilansir laman detikcom itu.

Menurutnya, peresmian kedua ruas tol ini masih menunggu sesuai diresmikannya ruas tol Surabaya-Mojokerto. Rencananya, kata Basuki, ruas tol Surabaya-Mojokerto akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo.

“Solo-Ngawi sudah siap, nanti akhir tahun atau awal tahun 2018 Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono sudah nyambung (terhubung),” ungkapnya.

Bila ruas tol Surabaya-Mojokerto sebentar lagi diresmikan, masih ada beberapa ruas tol yang sampai saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Basuki mencontohkan ruas tol Salatiga-Solo yang saat ini progres pembangunannya baru 40 persen. Tapi sampai arus mudik Lebaran 2018, progres pembangunan jalan tol Salatiga-Solo akan lebih besar lagi.(helmi)

loading...