Angkasa Pura 2

Kemhub Akan Upayakan Mudik Gratis Pada Natal dan Tahun Baru 2018

KoridorSelasa, 21 November 2017
IMG-20171120-WA0062

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) melalui Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) akan mengupayakan kendaraan mudik gratis saat liburan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

“Selama ini, program mudik gartis baru bisa disediakan saat Lebaran Idul Fitri. Ke depan kita akan upayakan ada jga mudik gratis saat Natal dan Tahun Baru. Saya akan mencoba mencarikan alternatif itu,” kata Dirjen Hubdat Budi Setiyadi, SH, M.Si menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Senin (20/11/2017) petang.

Untuk tujuan tersebut, lanjut dia, Kemhub akan menjalin komunikasi dengan perusahaan yang biasa menyelenggaraan mudik garis. Atau mereka yang mempunyai kendaraan angkutan karyawan. Saat libur Natal dan tahun baru 2018, mereka bisa dialihkan untuk mudik gratis.

“Paling tidak, untuk mengangkut karyawan mereka bersama keluarganya yang akan mudik merayakan Natal dan Tahun Baru 2018 bersama keluarga di daerah,” kata Dirjen Budi Setiyadi.

Jika perlu, menurut Dirjen Budi, dana CSR perusahaan bisa dialokasikan untuk membiayai angkutan mudik gratis menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang.

Alternatif lain, papar dia, beberapa kementerian dan Lembaga Pemerintah juga mempunyai kendaraan operasional dan angkutan karyawan. “Selama libur Natal dan Tahun Baru, mereka bisa dialihkan untuk mengangkut pemudik bagi karyawan mereka sendiri,”

Dirjen Hubdat Budi Setiyadi sudah komitmen untuk menyelenggarakan angkutan mudik Natal dan tahun Baru 2018 lebih baik dari sebelumnya.

“Perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru 2018 harus makin baik, selamat aman dan lancar. Titik-titik kemacetan diantisipasi dengan baik. Selain itu juga disiaapkan armada mudik gratis bagi masyarakat yang membutuhkan,” tegas Budi Setiyadi.(helmi)