Angkasa Pura 2

Kepala Balitbanghub Moderator pada Forum Komunikasi Kelitbangan

LitbangSelasa, 21 November 2017
IMG_20171121_122845

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Umiyatun Hayati Triastuti menjadi moderator dalam Forum Komunikasi Kelitbangan (FKK) Kementerian/Lembaga yang dilaksanakan hari ini (21/11/2017).

Bertema “Revitalisasi Badan Litbang Perhubungan Dalam Mendukung Pembangunan Infrastruktur Transportasi untuk Peningkatan Daya Saing dan Kemandirian Perekonomian Nasional”.

Salah satu pembicara dalam FKK Kepala Badan Fiskal Keungan Kementerian Keuangan Suahasil Nazara menegaskan bahwa sebagai Litbangnya Kemenkeu, pihaknya telah menjadi Nurse Kementerian.

“Mindset Litbang juga perlu diubah, tidak melulu riset dan riset saja,” tutur Suahasil.

Kekuatan dalam Litbang, kata dia tak lepas dari sumber daya manusia (SDM) yakni gender, pendidikan, dan generasi muda. Kedua, jaringan kerja seperti Forum Ekonom Kemenkeu, joint research, dan memelihara hubungan baik.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah proses diantaranya research evidence base, kolaborasi dan koordinasi, konsultasi publik, dan formulasi perumusan kebijakan.

Diskusi mengalir dengan pembahas dari berbagai Perguruan Tinggi dengan beberapa kesimpulan menarik untuk kemajuan Litbang.

Diantaranya adalah reposisi kelembagaan dan costumer oriented, dimana disebutkan bahwa kedua hal itu perlu dilakukan agar tidak tertinggal jauh.

Selain itu juga menerapkan learning by doing, kesetaraan, dan inovasi dalam pelaksanaan kinerja Litbang di Kementerian dan Lembaga. (omy)

loading...