Angkasa Pura 2

Menhub: Capaian Keselamatan Penerbangan 81,15 Persen Kegembiraan dan Tantangan

Bandara KokpitSelasa, 21 November 2017
IMG-20171121-WA0095

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan rasa syukur dan kegembiraan atas capaian keselamatan penerbangan hingga 81,15 persen dari hasil audit USOAP.

“Capaian keselamatan penerbangan hingga 81,15 yang membuat Indonesia berada pada peringkat 55 dunia merupakan kegembiraan sekaligus tantangan untuk mempertahankannya,” tegas Menhub di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Untuk itu dia meminta kepada seluruh stakeholder agar jangan sombong dan tetap melaksanakan evaluasi, pertahanan, dan peningkatan kualitas keselamatan penerbangan.

“Saya juga berterimakasih kepada seluruh stake holder, baik pengelola bandara, airline, BKMG, Basarnas, dan imigrasi, yang telah bahu membahu dalam memeroleh capaian ini,” ungkap Menhub.

Koordinasi satu sama lain kata Menhub juga jangan dikurangi. Konsolidasi dan juga lakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

Dari hasil On Site Visit ICAO Coordinated Validation Mission (ICVM) Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) yang dilakukan pada tanggal 10-18 Oktober 2017 lalu, nilai efektivitas  implementasi Indonesia mencapai  81,15%.  Jauh di atas rata-rata efektivitas implementasi negara-negara lain di dunia yang 62%.

Dengan hasil ini, jika dibandingkan dengan negara-negara di Asean, Indonesia menduduki rangking ke-2 di bawah Singapura. Sedangkan kalau di antara negara-negara Asia Pasifik, Indonesia masuk dalam peringkat ke 55 yang sebelumnya berada pada peringkat 151.

“Hasil audit ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia,” ujar Menhub. (omy)