Angkasa Pura 2

Pemikiran Jokowi: Kita Harus Mencari Cara-cara Baru di Bidang Transportasi

Bandara Dermaga Emplasemen Kokpit Koridor SDMSelasa, 21 November 2017
Menhub sambut ITS

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hadir dan memberikan sambutan pada acara Intelligent Transport System (ITS) Indonesia International Conference 2017 di The Ice Palace Hall, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Dalam sambutannya, Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan beberapa pemikiran Presiden Jokowi bahwa dalam dunia yang semakin bersaing tidak mungkin lagi kita masih menggunakan cara-cara lama.

“Sebaliknya, kita harus mencari cara-cara baru di bidang transportasi, contohnya seperti ITS,” kata Menhub menirukan.

Dengan bantuan iptek, khususnya di bidang telekomunikasi dan informasi (TI) bisa membantu meringankan tugas dan pekerjaan manusia. Melalui IT juga, bisa dihasilkan rekayasa dan inovasi baru terkait transportasi seperti taksi online dan jasa logistik lain berbasis daring.

Semua itu harus diakuomodasian dan diatur dengan baik, adil dan benar. PM No.26/2017 harus direvisi menjadi PM No.108/2017 terutama untuk mengakomodasikan transportasi berbasis daring atau online yang makin marak dan diminati masyarakat.

Namun begitu, Pemerintah sebagai pembina dan regulator tak boleh tinggal diam. Transpoirtasi daring harus diatur dan dikelola dengan baik agar tetap berjalan dengan baik, tidak saling mematikan. Dan yang pasti, mereka harus tetap memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan yang optimal.

Seperti dilasnir akun @budikaryas disebutkan, “ITS Indonesia International Conference 2017 merupakan konferensi tingkat internasional yang membahas penerapan ITS di berbagai kota di dunia. Dari perhelatan ini diharapkan mampu menghasilkan terobosan-terobosan dan rekomendasi terbaiknya,” jelas Menhub.

Hadir dalam ITS Indonesia International Conference 2017 sejumlah tokoh, pejabat dan praktisi dan akademisi dari dalam dan luar negeri terkait masalah transportasi dan IT modern.

Mereka akan menyampaikan drana, masukan serta pendapat untuk perbaikan dan pelayanan transportasi modern yang smart, selamat, aman dan nyaman.(helmi)